Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
400


Siapa sih yang tak pernah mendengar salah satu bumbu dapur yang kayaknya wajib banget buat hadir di setiap masakan Indonesia ini? Mengiris bawang merah memang sering bikin mata perih, tapi ternyata bawang merah punya banyak keuntungan bagi kesehatan, lho.

Arkeolog bahkan mengemukakan kalau pada 5000 tahun sebelum masehi dulu, orang Mesir memuja bawang merah karena menyimbolkan keabadian. Penasaran keuntungan bawang merah bagi kesehatan? Yuk simak 5 hal ini.

1.  Kaya akan antioksidan

Bawang merah memang tidak punya banyak vitamin dan mineral, tapi bawang merah kaya akan antioksidan. Untuk satu buah bawang merah berukuran sedang, setidaknya mengandung 44 kalori, dimana dalam jumlah tersebut, bawang merah menyediakan sekitar 20% dari kebutuhan vitamin C harian kita, folat, kalium dan mangan.

Walau jumlah tersebut sedikit, tapi dilihat dari banyaknya vitamin C yang merupakan sumber antioksidan, bawang merah bisa dikonsumsi untuk menangkal radikal bebas. Lapisan terluar dari bawang merupakan sumber antioksidan terbesar.

Baca juga: Dianggap Gangguan Mental, Inilah Klarifikasi WHO Terhadap Para Pecandu Game

2.  Makanan anti kanker

Pada sebuah studi dari American Journal of Clinical Nutrition, peneliti mengamati seberapa sering orang Itali dan Swiss mengonsumsi sayuran alium. Mereka mendapati kalau orang yang mengonsumsi makanan dengan kandungan lebih banyak bawang cenderung memiliki tingkat kanker yang rendah.

Sayuran allium telah dipelajari secara ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung dan kanker kolorektal karena bawang punya sebagian senyawa organosulfur yang kaya. Meskipun secara mekanisme belum diketahui secara pasti, namun beberapa hipotesis menghubungkan kalau kandungan dalam bawang merah memungkinkan menghambat pertumbuhan tumor dan mutagenesis.

3. Meningkatkan kepadatan tulang

Kaya akan inulin yang merupakan serat yang bertindak sebagai prebiotik, bawang merah punya peran untuk mendukung pencernaan sehat. Inulin juga dapat membantu mencegah sembelit, memperbaiki regulasi gula darah, serta meningkatkan penyerapan nutrisi.

Bawang mengandung jenis serat larut khusus yang disebut oligofruktosa, yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. studi tahun 2005 di Clinical Gastroenterology and Herepatology menemukan, oligofruktosa dapat membantu mencegah dan mengobati diare.

4. mendukung pencernaan yang sehat

Kaya akan inulin yang merupakan serat yang bertindak sebagai prebiotik, bawang merah punya peran untuk mendukung pencernaan sehat. Singkatnya, prebiotik berfungsi sebagai makanan untuk probiotik, sekaligus membantu mikroma berkembang. Inulin juga dapat membantu mencegah sembelit, memperbaiki regulasi gula darah, serta meningkatkan penyerapan nutrisi.

5. Berperan dalam menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian yang ditujukan bagi wanita dengan berat badan lebih dan menderita ovarium polikistik. Dalam pengujiannya, pasien diminta untuk diet tinggi dengan mengonsumsi bawang secara teratur.

Delapan minggu setelahnya, para peneliti menemukan kalau mereka yang menjalani diet bawang ini cenderung mengalami penurunan kolesterol cukup tinggi. Penelitian lainnya mengemukakan kalau dari 24 wanita yang punya kolesterol ringan mengalami penurunan kadar kolesterol yang cukup besar karena mengonsumsi jus bawang setiap hari.

Selain manfaat di atas, bawang juga bisa mengatasi perut kembung dan meredakan batuk dengan cara memarut beberapa butir bawang yang dicampur dengan minyak kayu putih atau minyak telon, kemudian mengoleskannya di area perut untuk perut kembung dan bagian punggung untuk meredakan batuk.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 16:10:19

mufiz itu siapai

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7195

advertise with us