Biar Tetap Waras, Ini 4 Alasan Kalau Jaga Pertemanan Itu Penting Buat Orang Tua
Sumber: http://catholicphilly.com/media-files/20

Marriage / 29 June 2018

Kalangan Sendiri

Biar Tetap Waras, Ini 4 Alasan Kalau Jaga Pertemanan Itu Penting Buat Orang Tua

Inta Official Writer
2467

Anak adalah sebuah anugerah sekaligus tanggung jawab yang kita dapat dalam kehidupan ini. Tanggung jawab pekerjaan mungkin bisa kita tinggalkan semasa tanggal merah atau akhir pekan. Sementara pekerjaan sebagai orang tua tidak akan pernah ada waktu khusus untuk libur. Terutama ketika kita dan pasangan memilih untuk membesarkan anak sendirian, tanpa bantuan pihak lain.

Pekerjaan rumah, pekerjaan kantor, tanggung jawab mengasuh anak, semua harus dikerjakan tanpa ada jeda atau libur. Stres? Pastinya. Tidak jarang ada orang tua yang mengeluh dan menangis saat tahun-tahun pertama baru punya anak.

4 pelajaran di bawah ini akan mengingatkan kita kalau kehadiran teman bisa membuat kita menjadi pribadi yang tetap 'waras', tidak stres dan tetap menikmati peran kita sebagai orang tua.

1. Dukungan dari teman menguatkan kita

Pengalaman jadi orang tua adalah sebuah kesempatan luar biasa, sangat berarti sekaligus melelahkan yang terjadi dalam kehidupan kita. Rasa lelah yang kita rasakan memang akan terbayar ketika mengetahui mereka bisa tumbuh dengan baik, tapi akan ada waktu dimana kita mendapati diri bosan dan kelelahan dengan rutinitas orang tua.

Akan ada waktu dimana kita merasa sendirian dan mencari sosok teman yang mau mendengarkan keluh kesah kita sebagai orang tua. Kehadiran sosok teman bisa menguatkan kalau kita mampu menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak.

2. Teman bisa dijadikan sebagai sumber informasi  

Selain pasangan, dokter dan orang tua, mana lagi orang yang bisa memberikan informasi selain teman? Terlebih kalau teman tersebut telah menjadi orang tua lebih lama dibanding kita. Saling bertukar informasi tentang parenting bisa menjadikan kita orang tua yang jauh lebih kaya dalam pola mengasuh anak. Belum lagi, kehadiran anak ditengah-tengah pertemanan kita bisa menjadikan hubungan pertemanan kita semakin kuat.

3. Sebagai tempat pelarian

Kapan terakhir kita meluangkan waktu untuk diri sendiri? Sesekali, kita perlu memanjakan diri dengan menghabiskan waktu bersama teman-teman. Teman bisa menjadi pelarian saat kita sedang merasa capek atau bosan saat mengasuh anak.

4. Sumber bantuan

Punya teman bisa berarti kita punya uluran tangan lebih untuk membantu setiap kesusahan. Jujur deh, punya anak itu pekerjaan yang melelahkan. Ada saatnya kita butuh orang untuk membantu saat merasa kelelahan dengan pekerjaan rumah maupun mengasuh anak-anak. Saat masa tersebut hadir, cobalah untuk menghubungi teman terdekat untuk meminta pertolongan mereka.

Menjadi orang tua memang akan mengubah gaya pertemanan kita, sebab kita harus bisa membatasi waktu untuk bersama mereka. Disisi lain, punya orang lain diluar keluarga akan sangat membantu kita menjadi pribadi yang tetap ‘waras’ dan terbebas dan stres yang seringkali kita rasakan saat menjadi orang tua.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami