Ucapkan Bye-bye Pada Gadget, Saatnya Ajarkan Anak Kegiatan Fisik Dengan 4 Kegiatan Ini
Sumber: Blogger

Parenting / 28 June 2018

Kalangan Sendiri

Ucapkan Bye-bye Pada Gadget, Saatnya Ajarkan Anak Kegiatan Fisik Dengan 4 Kegiatan Ini

Naomii Simbolon Official Writer
1831

Saya pikir, kamu sebagai orangtua pasti akan setuju ketika saya  mengatakan bahwa penggunaan teknologi saat ini sulit terkendali apalagi untuk anak-anak. Saya melihat bahwa dimanapun anak-anak selalu terpaku terhadap layar.

Bagi orang tua, ini sangat sulit. Yap! Sulit menemukan ketenangan dan damai kecuali membiarkan anak-anak menggunakan teknologi. Walaupun dengan bermain gadget, orangtua bisa tenang dan tertolong dalam bekerja, teknologi memiliki banyak efek samping.

Solusinya adalah, kita perlu menyingkirkan anak-anak kita dari layar HP atau Ipad dan melibatkan mereka dalam aktivitas fisik saja.

Salah satu aktivitas fisik yang bisa diberikan kepada anak-anaka adalah dengan berolahraga sambil bermain.

Dibawah ini ada beberapa latihan fisik yang bisa orangtua tiru untuk anak lakukan.

1. Tarik Perang Tambang

Tahu nggak sih kegiatan ini?

Yap, kegiatan yang satu ini merupakan permainan dengan kompetisi, pemain bagus yang menang.

Tarikan perang ini membangun kekuatan inti yang sangat baik dan sangat bagus untuk melatih kekuatan bisep dan betis.

Agar lebih seru, biarkan anak-anak melakukan permainan ini tepat setelah hujan reda di siang atau sore hari. Mereka akan semakin berlumpur dan tertantang.

Jangan kuatir soal bakteri ya mom, dikutip dari LifeHack, penelitian menunjukkan bahwa bakteri yang hidup di tanah, Mycobacterium vaccae, telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan.

2. Seni bela diri

Seni bela diri adalah latihan yang bagus untuk anak-anak. Sekolah yang tepat bisa membantu anak-anak dalam mengembangkan kualitas mereka dalam hal : kepercayaan diri, fokus, ketahanan, regulasi diri melalui seni bela diri.

Seni bela diri juga sangat bagus dalam mengembangkan koordinasi tangan-mata, kekuatan tubuh, keseimbangan dan kemampuan untuk tetap tenang di bawah tekanan. Siapa coba  yang nggak pengen memperoleh manfaat seperti itu?

Carilah sekolah yang bagus untuk mereka belatih seni bela diri.

3. Panjat tebing

Memanjat tebing merupakan salah satu kegiatan yang bagus banget untuk disarankan kepada anak-anak kita. Panjat tebing sangat bagus membangun otot lengan dan kaki anak. Selain itu, panjat tebing juga sudah terbukti memiliki dampak yang positif pada meredakan kecemasan, harga diri dan depresi.

Carilah tempat panjang tebing yang dikhususnya untuk anak-anak, sesuai umur mereka.

4. Berenang

Semua kita pastilah udah tahu bahwa berenang sangat baik buat anak-anak. Yap, baik untuk fleksibilitas mereka, mengurangi peradangan dan membangun massa tulang mereka. Anak-anak biasanya suka berenang dan bermain di kolam renang bersama teman-teman mereka.

Sebagai tambahan, dikutip dari Life Hack,  bahwa penelitian menunjukkan perenang memiliki tingkat kematian 50% lebih rendang dibandingkan olahraga lainnya. Jadi yuk, ajak dan ajarkan anak-anak kamu untuk berenang, supaya mereka panjang umur dan semakin sehat.

Itulah 4 kegiatan fisik yang bisa orangtua ajarkan untuk anak-anak. Mungkin teknologi bisa mengajarkan mereka banyak hal, seperti Bahasa Inggris dan bisa akses banyak pengetahuan lainnya, tetapi ingat loh mam dan pap, bahwa teknologi memiliki dampak yang lebih ngeri daripada melakukan kegiatan fisik.

Yuk, batasi anakmu bermain gadget, saatnya ajar mereka untuk melatih fisik agar tetap sehat.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami