Ada 7.4% Kaum Muda Yang Punya Hak Pilih Dalam PILKADA?! Bagaimana Menarik Perhatian Mereka
Sumber: https: img-k.okeinfo.net content 2018 06

Nasional / 26 June 2018

Kalangan Sendiri

Ada 7.4% Kaum Muda Yang Punya Hak Pilih Dalam PILKADA?! Bagaimana Menarik Perhatian Mereka

Teresa Jade Contributor
2104

Tahukah kalian? Berdasarkan hasil riset 2017, dari 190 juta warga yang memiliki hak pilih dalam pemilu, sebesar 7,4% diantaranya atau sekitar 14 juta orang adalah generasi muda yang akan menggunakan hak pilihnya untuk pertama kali. Jumlah yang cukup besar.

Namun bagaimana dengan jumlah tahun ini? Partispasi kaum muda dalam setiap kebijakan pemerintah dapat memberikan efek besar bagi negara. Mengingat jumlah penduduk Indonesia yang didominasi oleh kaum muda maka, nasib Indonesia ditentukan oleh generasi ini. Dengan cara sederhana yaitu, menggunakan hak pilihanya dalam pilkada/pemilu maka, setiap pemuda Indonesia telah berperan besar dalam membawa Indonesia menuju perubahan

Lantas, langkah apa yang perlu dilakukan pemerintah untuk menarik simpati kaum muda bangsa agar mereka berpartisipasi dalam perubahan Indonesia? Mengingat generasi milenial yang sangat progresif perkembangannya dan melek akan teknologi sehingga membentuk mereka menjadi individu yang kritis namun bekerja dengan cepat.

Maka dari itu, ada baiknya pemerintah memperhatikan hal berikut ini guna untuk menarik partisipasi masyarakat muda di negeri:

1    Memperkenalkan Kebijakan/Program Pemerintah melalui internet ataupun Medsos

Generasi milenial kini menaruh perhatian besar pada dunia internet dan medsos. Kedua hal tersebut merupakan sesuatu yang melekat pada kehidupan kaum muda masa kini. Sehingga, dengan mengadakan campaign (penyuluhan) melalui dunia digital, maka kaum muda lebih mudah mengakses hal tersebut sehingga memungkinkan bagi mereka untuk mengetahui kerja pemerintah secara baik.

2    Pemerintah Lebih Menghargai Prestasi ataupun Hasil Karya Anak Bangsa

Dengan adanya penghargaan atau apresiasi terhadap kaum muda yang berprestasi, maka kaum muda sebagai warga negara merasa lebih dihargai. Karena melihat bahwa hal tersebut menjadi sebuah kebanggaan bagi negara, bukan hanya sebagai buah bibir. Pemerintah harus lebih memperhatikan kualitas pendidikan anak bangsa. Dengan semain baik pendidikan, maka hal itu dapat membangkitkan kesadaran kaum muda akan pentingnya mengambil bagian dalam setiap kebijakan ataupun program pemerintah.

3   Mempermudah Persyaratan/Proses Pemilu

Genarasi milenial merupakan genarasi yang tidak mengenal kata ribet. Maka merekalah yang sering kali mengatakan betapa ribetnya persyaratan untuk mengikuti pemilu. Ribetnya proses pemilu ini yang akhirnya justru banyak membuat kaum muda malas menggunakan hak memilihnya. Mengetahui banyaknya kecurangan dalam proses pemilu membuat kaum muda semakin malas berpastisipasi dalam pemilu sehingga menumbuhkan sikap apatis terhadap pemerintah. Hal ini berefek pada pekembangan negara yang semakin stuck atau bahkan merosot.

Genarasi milenial, bukanlah genarasi yang malu-malu, bukan penurut, dan tak punya sikap. Dalam politik, generasi milenial sudah punya sikap yang tegas, dan tak sungkan menyuarakan sikap politik mereka. Oleh karena itu, pemerintah butuh bekerja lebih keras untuk membangun semangat partisipasi mereka untuk ikut serta dalam setiap perkembangan negara sehingga Indonesia dapat mengejar ketinggalannya dan berkembang secara merata. 


Tulisan ini adalah kontribusi dari visitor Jawaban.com, kamu juga dapat berbagi dan menjadi berkat dengan berbagi kisah inspiratif, kesaksian, renungan, pendapatmu tentang isu sosial atau berita yang terjadi di lingkungan dan gerejamu dengan menguploadnya langsung melalui UGC di Jawaban.com, info lebih jelas KLIK DISINI.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami