Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
444


Piala Dunia 2018 bikin banyak orang rela begadang sepanjang malam? Rasanya asyik sih karena bisa nonton bareng kawan-kawan ramai-ramai. Tapi tetap hati-hati loh, kebiasaan begadang tiap hari bisa mengancam kesehatan loh.

Disamping kita juga masih punya urusan yang harus dilakukan sepanjang hari, mulai dari bekerja sepanjang hari sampai mengurusi anak. Begadang selama Piala Dunia bisa jadi menghalangi kita melakukan semua aktivitas ini dengan maksimal.

Jangan ambil risiko kehilangan istirahat yang cukup hanya gara-gara takut gak bisa menikmati euphoria Piala Dunia. Karena yang jauh lebih penting adalah soal kesehatanmu.

Tahukah kamu kalau sebuah penelitian menemukan hasil yang mengejutkan soal begadang loh. Katanya, risiko begadang semalam saja bisa sangat berbahaya bagi kondisi emosional seseorang. Saat seseorang kurang tidur, sistem kekebalan tubuhnya akan menurun dan hal ini akan disertai pula dengan timbulnya perasaan gelisah. Sementara saat seseorang begadang lebih dari lima hari berturut-turut risikonya akan jauh lebih tinggi, diantaranya bisa menyebabkan penurunan sistem imun dan kemampuan kognitif.

Jadi biar gak jatuh sakit, yuk ikutin 4 tips ini aja yuk.

1. Usahakan Mendapat Tidur yang Berkualitas

Sebelum mempertaruhkan kesehatanmu, akan lebih baik untuk berkomitmen sama diri sendiri soal jam tidur. Jadi, lihatlah jadwal Piala Dunia lebih dulu. Setelah itu, prioritaskan pertandingan klub mana saja yang pengen kamu tonton, lalu catat waktunya. Kalau pertandingan itu baru dimulai dari subuh, ada baiknya mengambil waktu istirahat di jam-jam sebelumnya. Beristirahat selama tiga sampai empat jam sebelum jadwal pertandingan akan sangat bermanfaat buat kesehatanmu.

Tapi kalau ternyata klub-klub kesayanganmu bertanding di hari yang sama dan kamu sama sekali gak punya waktu istirahat, akan lebih baik untuk memilih mengikuti salah satunya. Ini bicara soal kesehatan dan bukan kesenangan semata!

2. Hindari Mengkonsumsi Makanan Gak Sehat

Nonton bola sembari ngemil adalah kombinasi yang sangat pas. Tapi hati-hati, jangan sampai kamu salah mengkonsumsi minuman atau makanan ya. Hindari untuk tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, kafein tinggi dan juga cemilan-cemilan berminyak dan mengandung micin.

Supaya gak sakit, ada baiknya mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan salad dan minuma sehat seperti teh hangat, susu atau wedang yang berkhasiat menjaga stamina tubuh.

Baca Juga :

Keseringan Begadang Sebabkan Susah Dapat Jodoh?

Pria Ini Tewas Usai Begadang Nonton Piala Dunia 2014

3. Usahakan Untuk Bergerak

Jagalah supaya tubuhmu tetap bergerak. Seenggaknya berjalan-jalan di halaman atau sekitar ruangan, melompat-lompat kecil atau bisa juga melakukan peregangan selama 10-15 menit setiap 45 menit sekali. Hal ini bisa membantu oksigen dipompa ke seluruh pembuluh darah, otak dan otot.

4. Atur Suhu Ruangan

Saat begadang semalaman, pastikan suhu ruangan bersahabat dengan tubuh. Begadang di ruangan tak ber-AC jauh lebih baik daripada yang suhunya terlalu dingin. Hindari pula penggunaan kipas angin yang malah bisa menyebabkan masuk angin, sakit kepala dan sakit lainnya.

Semoga tips di atas bisa menginspirasimu tetap menjaga kesehatan selama Piala Dunia ya. Jangan sampai kamu malah mengorbankan kesehatan hanya demi kesenangan menonton pertandingan yang diadakan sekali lima tahun ini. Bagaimanapun kesehatanmu jauh lebih penting, oke!

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us