Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
925


Di artikel sebelumnya, dijabarkan soal 5 soal istri yang buruk seperti disebutkan dalam Alkitab. Adapun diantaranya adalah Tamar, istri Potiphar, Rahab, Yael dan juga Delila.

Mari mengenal sosok istri yang buruk lainnya dan belajar dari setiap sosok ini soal bagaimana harusnya seorang istri bersikap dan bertindak dalam perannya sebagai penolong di dalam rumah tangga.

6. Izebel

Bahkan sampai sekarang, saat mendengar nama Izebel kita akan membayangkan sosok wanita yang kejam dan otoriter. Karena konotasi negatif di dalam dirinya, ada banyak orangtua yang tak mau menamai anak perempuannya Izebel.

Untuk mengenalnya lebih dekat, mari menyimak tentang asal usulnya. Izebel adalah putri dari Raja Sidon, Etbaal. Suaminya adalah orang Yahudi yang bernama Raja Ahab. Izebel dikenal sebagai ratu yang sangat kejam.

Di dalam Alkitab, Izebel dikisahkan melakukan kejahatan besar dimata Tuhan yaitu membantai para nabi Tuhan. Dia juga adalah seorang kafir yang memilih menyembah berhala Baal. Dia juga gak segan-segan membunuh orang-orang yang menolak permintaannya. Dia juga adalah wanita yang menyuruh untuk membunuh nabi Allah, Elia.

Namun kejahatan Izebel berakhir ketika Tuhan sendiri yang bertindak langsung dengan mengurapi Yehu sebagai raja atas Israel dan memintanya untuk memusnahkan garis keluarga Ahab dan Izebel. Tuhan sendiri bahkan menjatuhkan kutuk yang sangat mengerikan atas ratu kejahatan itu.

“Izebel akan dimakan anjing di kebun di luar Yizreel dengan tidak ada orang yang menguburkannya.” 2 Raja-raja 9: 10

Baca Juga : Inilah yang Dicatat Alkitab Tentang 10 Sosok Istri yang Buruk, Siapa Aja Itu? (Bagian 1)

7. Atalya

Atalya adalah putri Ahab dan Izebel. Dia juga mengikuti jejak kejahatan ibunya, sebagai seorang penyembah Baal. Dia dipersunting oleh Raja Yehuda, Yoram. Putra mereka Ahazia mewarisi tahta Daud setelah Yoram meninggal. Selama kepemimpinannya sebagai raja, Atalya berperan untuk menasihati putranya itu untuk melakukan banyak hal-hal yang jahat. Dia bahkan memerintah putranya untuk membunuh Raja Yehu. Sayangnya, rencana itu malah jadi akhir dari hidup Ahazia. Dia mati di tangan pasukan Yehu.

Saat mengetahui berita kematian putranya, Atalya pun marah dan membantai habis keturunan raja. “Ketika Atalya, ibu Ahazia, melihat bahwa anaknya sudah mati, maka bangkitlah ia membinasakan semua keturunan raja.” 2 Raja-raja 11: 1

Kejahatannya berakhir ketika tampuk kerajaan jatuh ke tangan putra Ahazia, Yoash. Wanita itu akhirnya mati dan mengubah sejarah mengerikan kerajaan Yehuda.

8. Herodias

Herodias adalah istri dari Herodes Antipas, yang sebenarnya adalah istri sah dari saudaranya sendiri. Atas tindakan Herodes, Yohanes Pembaptis pun menasihatinya dengan berkata, “Tidak halal engkau mengambil istri saudaramu!”

Tapi nasihat itu justru membuat Herodias marah besar dan merencanakan pembunuhan atas Yohanes Pembaptis. Dia pun mulai merayu Herodes suaminya untuk mempersembahkan kepala Yohanes.

9. Perempuan Samaria

Saat melakukan perjalanan dari Yehuda ke Galilea, Yesus melewati Samaria. Karena merasa lelah, Dia pun duduk di sumur Yakub. Lalu seorang perempuan Samaria pun datang dengan kendi airnya. Melihat kedatangannya, Yesus pun meminta air dari perempuan itu. Sejenak, perempuan itu merasa heran kenapa seorang Ibrani mau berbicara dengan orang Samaria sepertinya.

Lalu Yesus memberi tahu dia kalau Dia adalah ‘Air hidup’. Lalu dia meminta supaya perempuan itu memanggil suaminya. Tap dia menjawab bahwa dia tak punya suami. Sementara Yesus mengenal betul perempuan itu dan membongkar identitasnya bahwa dia punya lima suami dan pria yang saat ini bersama dengan dia bukanlah suaminya.

Kita tahu persis kalau perempuan Samaria yang dimaksudkan di sini adalah seorang perempuan yang tak setia. Dia suka menjalin hubungan dengan banyak laki-laki. Tapi sejak bertemu dengan Yesus, hidup perempuan ini akhirnya dipulihkan.

10. Safira

Gereja mula-mula adalah gereja yang sangat bertumbuh dan hidup dipenuhi dengan Roh Kudus. Petrus dan Yohanes bahkan melakukan mujizat penyembuhan yang luar biasa. Tali persaudaraan yang kuat diantara jemaat gereja mula-mula membuat mereka rela menjual semua milik mereka dan memberikannya untuk menolong yang lain.

Tapi berbeda dengan pasangan suami istri Ananias dan Safira. Saat mereka menjual sebidang tanah miliknya, mereka berniat untuk menyelewengkan sebagian hasil penjualan. Lewat kuasa Roh Kudus, Petrus pun menegur pasangan itu dan menyebabkan Ananias meninggal dunia.

Ketika menyaksikan suaminya meninggal, Safira justru melakukan kesalahan yang sama yaitu berbohong soal hasil tanah yang sebagian mereka ambil. Akibat dari tindakan itu, Safira pun seketika mati tergeletak. Tak ada kesempatan kedua bagi pasangan ini untuk bertobat dari kesalahannya.

Hal ini menunjukkan kepada kita kalau Safira adalah sosok istri yang buruk. Karena dia gak menolak rencana jahat suaminyasoal penjualan tanah itu.

Nah, semoga artikel ini bisa bikin kamu belajar jadi istri yang baik ya. 

Sumber : Crosswalk.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Lamris Silaban 19 July 2018 - 18:38:58

Suami saya seorang penatua gereja. Sebagai istri s.. more..

0 Answer

Fred D Hunter Nainggolan 18 July 2018 - 09:43:25

Mengapa perbuatan yang salah itu tidak selalu bena.. more..

2 Answer

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7187

advertise with us