Ask The Expert: Bisakah Agama Dipisahkan Dari Politik? Ini Ujaran Pastor Fu Xie
Sumber: jc channel

Nasional / 25 June 2018

Kalangan Sendiri

Ask The Expert: Bisakah Agama Dipisahkan Dari Politik? Ini Ujaran Pastor Fu Xie

Inta Official Writer
4779

Sebagai gembala sidang dan dosen pasca sarjana FISIP Universitas Indonesia Pdt. Dr. Ir. Fu Xie mengatakan kalau secara pengertian, agama dan politik tidak bisa dipisahkan.

"Jadi secara kekristenan sebenarnya negara-negara Kristen memisahkan antara politik dengan agama, dalam pelaksanaannya memang oke. Namun, secara pengertian politik sendiri, tidak bisa dipisahkan. Sebab ketika kita ngomong, 'Bagusnya ini, wah dia kurang bagus ya,' itu sendiri sudah berpolitik. Sebab kita sudah mengarahkan pemerintahan atau kekuasaan pada seseorang," terangnya pada sebuah wawancara bersama JC Channel di Universitas Indonesia.

Mengutip dari Aristoteles, Pdt. Fu Xie mengingatkan bahkan kalau begitu ada dua atau tiga orang berkumpul, maka akan terjadi sebuah interaksi politik di dalamnya. Pengertian politik menurut Aristoteles tidak bisa terpisahkan dari lingkungan masyarakat, termasuk gereja maupun organisasi lainnya.

“Kalau politik dalam arti pemerintahan, itu baru bisa dipisahkan. Misalnya, jangan sampai ada pendeta yang ikut mempimpin pemerintahan. Jadi jangan merangkap dua, sebab kalau sudah demikian, maka aka nada kepentingan yang berbeda, yaitu kepentingan pemerintahan dan kepentingan gereja. Kalau itu, saya setuju,” ungkap Pdt. Fu Xie.

(Baca Juga: Tonton wawancara dengan Pdt. Dr.Ir Fu Xie di JCChannel. Klik DISINI)

Pdt. Fu Xie juga mengingatkan agar firman Tuhan seharusnya menjadi dasar dalam kehidupan berpolitik kita, karena kalau tidak ada firman Tuhan, maka hasilnya akan kacau. Penting bagi kita untuk menaruh harapan kepada Tuhan, bukan pada partai atau calon pemimpin yang akan kita pilih.

“Harapan kita tetap kepada Tuhan, bukan pada orang tersebut. Bahkan partai saja bisa berubah. Kita tidak boleh menjadikan orang atau partai sebagai sumber harapan,” pesan dosen yang mengajar mata kuliah statistik sosial ini.

 

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami