Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
473


Punya banyak teman memang sangat menyenangkan. Rasanya tidak ada jadwal kalender yang kosong, pasalnya mereka-mereka selalu ada mengisi kesepian hari kita.

Baik itu hangout, ibadah bareng, komsel bareng, traveling bareng bahkan doa dan nangis-nangis bareng.

Teman memang menjadi salah satu ciptaan Tuhan yang bisa bikin kita merasa seru, bisa chit-chat apa dan kapan saja. Hidup tanpa teman  rasanya seperti hidup sendiri dan kesepian.

Nah, ngumpul atau hangout sambil cerita-cerita merupakan sebuah kebiasaan yang sangat umum banget dalam pertemanan. Nggak jarang melontarkan kata canda dan bahas sesuatu yang bikin kamu pada tertawa terpingkal-pingkal.

Tapi nih, ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan dan jangan sampai kamu jadiin bahan candaan pas ngumpul sama mereka ya!

Kalau tidak, bersiaplah kehilangan kemesraan bahkan berujung pada permusuhan.

1. Jangan bawa-bawa fisik

Kadang memang, pas di tengah candaan yang heboh, sering sekali kita nggak begitu memperhatikan apa yang keluar dari mulut kita.

Kadang kala apa yang dipikiran kita atau bahkan yang kita anggap bercanda kita bicarakan dan bisa menyinggung teman kamu.

Contohnya soal fisik. Fisik adalah bahan yang sangat sensitif untuk jadi becandaan dan ketika disentuh akan terjadi goresan.

Jangan sesekali mengejek fisik temanmu hanya untuk bercandaan. Mungkin bagi kamu itu lucu tetapi teman yang kamu ejek bisa merasa minder dan merasa dibully loh!

Hal ini akan berpengaruh pada identitas diri dia, apalagi kalau dia belum pulih total soal itu.

Mengejek fisik teman hanya akan bikin mereka tidak percaya diri, bahkan bisa jadi secara diam-diam, dia nggak akan bergabung lagi dengan komunitasmu. Malah akan menutup diri dari orang lain.

Sebagai anak Allah, kita tahu persislah kalau ini nggak benar bukan?

2. Jangan bawa orangtua

Dulu waktu aku SMP, teman-teman selalu bully dan bikin aku marah karena menyebut nama orangtuaku. Sepertinya nggak cuma aku saja yang demikian bukan? Pasti beberapa di antara kalian memiliki masa kecil dimana nama orangtua kalian di sebut-sebut dan diolok-olok sehingga perasaan kamu tersinggung dan marah.

Sebenarnya hal itupun masih berlaku sampai sekarang, siapa sih yang senang jika orangtuanya dibawa-bawa dalam candaan apalagi di olok-olok?

Jika kamu merasa tersinggung berarti kamu jangan melakukannya juga bukan?

Bagaimanapun, orangtua adalah orang yang harus kita hormati karena sudah berperan mendidik dan membesarkan kita. Jadi jangan bikin temanmu tersinggung hanya karena ini ya!

3.  Yang terakhir adalah soal agama

Tahu kan kalau zaman sekarang di Indonesia, isu agama sangat sensitif sekali.

Beberapa orang mengalami hukuman karena dianggap melecehkan agama tertentu, contohnya saja Ahok.

Jadi sebaiknya, jangan pernah sebut dan bawa-bawa nama agama untuk ditaruh sebagai bahan candaan ya, sekalipun teman bercanda kamu adalah sahabat yang sudah mengerti dan kenal kamu banget.

Sebisa mungkin jauhi konteks soal agama untuk dijadikan bahan candaan. Kita harus menghargai satu sama lain, karena kita semua  ditebus oleh Allah yang sama yaitu Yesus Kristus.

Itulah 3 bahan penting yang wajib kamu ingat untuk nggak disebut-sebut apalagi menjadi bahan candaan dalam pertemanan kamu. Ayo, cobalah untuk saling menghargai satu sama lain di dalam Kristus Yesus. Pikirkan apa yang kita hendak bicarakan sebelum bercanda, sebab mulut kita adalah harimau kita yang bisa menerkam siapa saja.

Sumber : Berbagai Sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nita 19 July 2018 - 23:17:38

Cara melunasi hutang

0 Answer

Lamris Silaban 19 July 2018 - 18:38:58

Suami saya seorang penatua gereja. Sebagai istri s.. more..

0 Answer

Fred D Hunter Nainggolan 18 July 2018 - 09:43:25

Mengapa perbuatan yang salah itu tidak selalu bena.. more..

2 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7187

advertise with us