Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
590


Pernahkah kita punya keinginan untuk membuka usaha suatu hari nanti? Akan ada waktu dimana kita merasa lelah karena harus bekerja bagi orang lain. Iya, memang pengusaha banyak dilirik karena mereka punya kebebasan untuk bekerja. Mulai dari cara kita bekerja, waktu kerja, sampai kebebasan untuk bisa jadi pemimpin yang mampu membawa kesuksesan bagi orang lain.

Membuka usaha memang perlu waktu, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Nah sekarang, yuk kita coba buat fokus meningkatkan kapasitas untuk mempersiapkan menjadi pengusaha yang baik dengan 7 keterampilan ini.

1 Sales

Percaya atau tidak, sales menggerakkan sebuah bisnis. Bahkan ketika kita melamar pekerjaan pun sebenarnya kita sedang menawarkan atau 'menjual diri' kita pada perusahaan. Baik itu produk ataupun jasa, kita perlu punya kemampuan untuk menjual.

2 Akuntansi

'Ah, kalau jadi pengusaha nanti, kita kan bisa merekrut karyawan yang ahli saja,' ungkap salah satu teman. Tapi kenyataannya, meskipun bukan menjadi ahli yang profesional, kita harus membekali diri dengan kemampuan akuntansi dasar. Pemahaman keuangan sangat penting sehingga kita bisa tahu saran terbaik yang bisa diikuti oleh seorang profesional nantinya.

Ada banyak orang yang menghadapi kegagalan dalam bisnisnya hanya karena mereka tidak bisa membaca laporan keuangan dasar. Coba deh, bayangin kalau kita tidak tahu menahu tentang keuangan, siapa yang tahu kalau ternyata usaha yang kita sedang jalani sedang untung atau rugi.

3 Manajemen Proyek

Ada banyak orang yang mengabaikan keterampilan ini. Ketika kita berbicara tentang bagaimana mengerjakan sebuah proyek yang baik dengan tempat waktu, sesuai budget, maka keterampilan ini sangat penting untuk dimiliki para pengusaha. Sebab manajemen proyek yang baik dapat membuat kita tahu mana hal yang menjadi prioritas dan tidak sekaligus bagaimana cara menyelesaikan semuanya dengan efektif dan efisien.

4. Manajemen waktu

Kebebasan yang kita bahas saat memulai sebuah usaha melibatkan waktu sebagai dedikasi yang kita berikan kedalamnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk sukses, kita perlu berkorban, terutama dalam hal waktu. Semakin bijak kita mengelola waktu yang dimiliki, maka semakin efektif dan efisien pula usaha yang akan kita jalankan nantinya.

5. Keterampilan menjaga hubungan

Tidak mungkin ada sebuah bisnis yang dikerjakan sendirian. Sebuah usaha yang baik melibatkan banyak orang. Meskipun ada pengusaha yang memilih untuk bekerja sendirian, setidaknya mereka tetap harus menjaga hubungan mereka dengan para supplier, vendor, pembeli, bahkan karyawan.

6. Pengambilan keputusan

Satu hal yang paling menarik saat memutuskan menjadi pengusaha adalah kita menjadi bos, atasan, pemimpinnya. Pemimpin kerap dihadapkan dengan keputusan-keputusan yang sulit. Setiap keputusan dapat menjadi sebuah penentu bagi usaha yang dijalani. Tentu dong, kita tidak mungkin terus menerus bertanya pada orang terdekat perkara keputusan sulit ini? Kabar baiknya, kita punya Tuhan yang selalu ada beserta kita. Kita perlu hikmat agar bisa mengambil keputusan yang tepat. Melalui hubungan yang intim dengan Tuhan dan pengalaman, kita pasti bisa menguasai keterampilan ini.

7. Negosiasi

Sebuah usaha pasti tidak jauh-jauh dengan hukum. Baik itu kontrak dengan vendor, atau perjanjian dengan pembeli, negosiasi pasti akan muncul. Meningkatkan komunikasi interpersonal kita bisa menjadi salah satu langkah yang kita ambil dalam mengembangkan keterampilan ini.

idak perlu mempelajari semua hal ini secara langsung, melainkan mulai dari hal-hal kecil seperti mendatangi para ahli, serap ilmu yang mereka miliki. Bacalah buku untuk meningkatkan kemampuan kita. Ikuti kursus online dan lakukan riset untuk usaha kita.

Tempatkan diri kita pada sebuah situasi yang sedikit tidak nyaman untuk memperoleh kepercayaan diri. Setiap pengusaha tidak ada yang sempurna, tapi mereka tidak pernah menyerah dalam menjalankan bisnisnya. Juga tidak lupa untuk menikmati setiap hal yang mereka lakukan.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 16:10:19

mufiz itu siapai

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7195

advertise with us