Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
3015


Sepertinya, penting sekali bagi kita untuk memahami pribadi Roh Kudus lebih dalam. Kadang-kadang orang berpikir bahwa Roh Kudus itu lebih seperti subjek daripada pribadi. Namun justru menurut Alkitab, Roh Kudus bukan hanya Tuhan tetapi Dia memiliki kemauan, kepribadian, dan bahkan dapat tersinggung loh. Hampir sama dengan manusia ya!

Namun, jika manusia memiliki banyak alasan untuk tersinggung, Roh Kudus memiliki beberapa dosa secara spesifik bisa menyinggung, dan mendukakan Dia.

Salah satu kitab yang menuliskan mengenai dosa yang mendukakan Roh Kudus ada di Efesus 4:29-32.

Dalam kitab ini, Rasul Paulus menulis:

"Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia. Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan. Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang  dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.  Tetapi hendaklah kamu ramah seorang  terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu."

Berduka yang dimaksud adalah bersedih atau menyebabkan kesedihan, rasa sakit dan kesusahan.

Jadi, dari firman diatas, inilah yang bikin Roh Kudus merasa sedih dan tersinggung :

1. Karena bahasa kotor dan kasar yang keluar dari mulut kita

Ayat 29 mengatakan, "Jangan gunakan bahasa kotor atau kasar."

Kata yang digunakan di sini bicara sesuatu yang busuk. Kita wajib mengetahui dan mengecek diri kita kembali. Adakah kita mengeluarkan kata-kata vulgar, kata-kata cabul yang tak senonoh, cerita kotor, bohong atau tipu, membicarakan keburukan orang lain, dan  lain sebagainya.

Bagaimana mungkin kita menunjukkan kasih dan sifat Allah yang kudus, lemah lembut dan penuh kasih dengan mengeluarkan kata-kata kotor dari mulut kita, baik itu di depan umum dan secara pribadi? Apakah itu disebut dengan citra Allah?

2. Kepahitan juga membuat Roh Kudus berduka

Defenisi kepahitan adalah jiwa yang sedang sakit dan kesal dan menolak untuk didamaikan.

Beberapa orang memiliki sikap yang mudah atau suka marah. Mereka bahkan hidup dan bikin konflik agar berdebat dan berkelahi. Ini adalah bentuk dosa yang jika dibiarkan akan semakin buruk dan mengganggu.

Karena biasanya orang yang kepahitan jarang menyimpan kepahitannya sendiri, bahkan sebaliknya dia akan menyebarkannya kepada orang lain.

Seperti yang dikatakan oleh Ibrani 12:15 bahwa akar kepahitan menimbulkan kerusuhan yang mencemarkan banyak orang. So, sebaiknya ide yang lebih baik adalah memaafkan orang itu, dan lepaskan kepahitanmu!

3. Rasa marah yang tak terkendali juga bikin Roh Kudus berduka

Jika diingat-ingat kembali, saya adalah orang yang paling bodoh dan jahat di kantor. Saat saya menduduki posisi sebagai atasan, dan bersikap dengan penuh otoriter. Saya sering membentak dan sulit mengendalikan emosi.

Setiap bawahan saya melakukan sebuah kesalahan, maka saya akan berteriak dan memarahi mereka, bahkan sering sekali saya menemukan diri saya mengeluarkan kalimat yang menyakiti hati mereka.

Apakah kamu adalah saya yang dulu? Sulit mengendalikan emosi ketika salah paham dengan suami atau istrimu, atau sama teman sekantor dan lain sebaginya? Bahkan secara fatal berakhir pada pukulan secara fisik!

Sungguh, hal itu benar-benar mendukakan hati Roh Kudus.

Coba kendalikan emosimu dan pikirkan apa yang kamu mau katakan, apakah itu baik atau nggak.

Pikirkan, apakah yang kamu katakan adalah sejujurnya, apakah itu bermanfaat, apakah itu menginspirasi, apakah itu diperlukan, apakah itu baik atau nggak.

Alih-alih bicara jahat kepada orang lain, seharusnya kita bersikap baik satu sama lain, lembut hati dan saling memaafkan, itulah kasih.

Itulah 3 dosa yang bikin Roh Kudus berduka. Ayo ampuni sesamamu, kendalikan emosimu dan berlakulah penuh kasih.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 2


7220

advertise with us