Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1559


Kita bisa mendengar Tuhan berbicara dengan kita dimanapun dan dengan cara apapun. Tuhan bisa menyampaikan sesuatu lewat mimpi, penglihatan atau kondisi alam.

Tapi kebanyakan dari alat komunikasi yang dipakainya berupa simbol yang kadang gak kita pahami. Tapi tahukah kamu kalau simbol-simbol yang dipakai Tuhan untuk menyampaikan isi hatiNya ini bukan karena Tuhan mau membuat kita bingung. Tapi Dia memakai simbol untuk mengungkapkan atributNya dan mendorong kita untuk bisa memahami isi hatiNya.

Di dalam Alkitab, Tuhan sendiri memakai lebih dari 8.200 ucapan-ucapan simbolis. Hal ini membuktikan bahwa ucapan-ucapan ini merupakan pesan yang sangat penting untuk kita renungkan dan pahami.

Ada 3 alasan kenapa Tuhan suka berbicara lewat simbol, baik itu penglihatan ataupun mimpi.

Alasan 1: Gambar merupakan alat yang paling sederhana untuk berkomunikasi.

Sama seperti anak balita, mereka akan jauh lebih tertarik dengan buku bergambar dibanding buku yang berisi tulisan saja. Hal ini juga sama seperti kita orang dewasa. Saat pergi ke perpustakaan atau toko buku, kita pasti lebih tertarik dengan buku-buku bergambar.

Gambar adalah sesuatu yang mudah dimengerti oleh anak-anak. Mereka bisa melihat lewat buku gambar dan mengikuti semua keseluruhan cerita tanpa perlu membaca cerita lengkapnya lewat tulisan.

Tuhan memakai simbol bukan malah untuk membuat kita bingung, tapi membuat kita tertarik dengan pesanNya dan mendorong kita untuk menemukan interpretasi simbol yang Dia sampaikan.

Baca Juga :

Fakta Alkitab : Tabut Allah, Simbol Kehadiran Tuhan Di Tengah Bangsa Israel

Menara Gereja Setinggi 35 Meter Ini Jadi Simbol Agama Jayapura

Alasan 2: Simbol dan gambar bersifat universal.

Waktu kita pergi ke negara lain, sebut saja Afrika, kita tak selalu harus fasih dengan bahasa setempat sebelum berkunjung ke sana bukan? Kalau kita mengemudi di Istanbul, kita juga gak perlu tahu bahasa Turki. Yang perlu kita lakukan adalah mencari simbol (gambar kecil) yang bisa mengarahkan kita menuju tujuan kita di rambu lalu lintasnya. Lewat simbol, kita bisa tahu harus mengemudi ke arah jalan mana. Atau kita juga bisa memanfaatkan teknologi lewat smartphone kita. Kita bisa tahu kondisi cuaca lewat perkiraan cuacayang ada di layar ponsel kita. Bisa disimpulkan bahwa simbol dan gambar benar-benar bisa mengarahkan kita ke tujuan.

Alasan 3: Simbol adalah bahasa hati.

Gambar adalah bahasa hati yang bisa mengerakkan emosi kita. Tuhan memakai simbol untuk mendorong perasaan dan hati kita terhubung.

Satu kesaksian ini akan mendorong kita bisa memahami tentang pekerjaan Tuhan.

“Suatu malam, aku dan suamiku menonton sebuah film. Kami benar-benar menyaksikan hal-hal yang sama sekali tak pernah kami tahu.

Setelah menonton film itu, aku kepikiran tentang wanita muda di gereja yang sudah kami layani dengan peperangan rohani. Suaminya bukan orang percaya dan ibu mertuanya adalah penganut ilmu hitam dan melakukan beberapa hal aneh di rumahnya dan kepada anak-anaknya, terutama kepada putrinya yang masih berusia 3 tahun.

Aku lalu menyarankan supaya dia menonton film itu. Menakjubkannya, keesokan harinya dia segera menceritakan apa yang dia alami.

“Kami mengalami malam yang sangat buruk bersama putriku. Aku sedang berdoa, dan kemudian aku bermimpi kalau perahu kami ada di dalam air, dan seorang gadis kecil berada di ujung perahu dan mulai terjatuh ke dalam air. Tanpa berpikir panjang, aku langsung berlari, melemparkan barang-barangku dan melompat untuk menyelamatkannya.

Waktu aku sampai di air, aku bingung, karena kepalanya tidak tenggelam ke dalam air, walaupun butuh beberapa waktu untuk mencapainya. Saat aku mulai meraihnya, aku berpikir hal ini lebih nudah daripada yang aku kira. Lalu aku berdiri dan ternyata air itu hanya setinggi 6 inci saja!

Lalu Tuhan membangunkanku dan mendorongku untuk menuntun film itu, Aku berhasil melewati mimpi buruk itu dan berpikir, ‘Apakah Tuhan mau memakai mimpi tadi malam untuk memberi tahuku tentang sesuatu?’ Seolah-olah Tuhan berbicara langsung ke dalam hatiku dan berkata, “Kamu berusaha keras untuk menyelamatkannya, tapi Aku sudah melakukannya! Air mataku pun mulai menetes!

Lalu aku teringat dengan ayat Alkitab yang berkata, “Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan..” (Yesaya 43: 2)

Dana kalau kamu tak memberiku film itu untuk dipinjamkan, aku bahkan tak akan berpikir dua kali tentang mimpi itu. Itu aneh sekali!

Terima kasih banyak! Aku sangat bahagia dengan cara Tuhan bergerak dan bekerja!”

Beginilah Tuhan bekerja dalam kehidupan kita. Entah itu saat kita butuh pertolongan ataupun saat Dia sedang ingin memakai kita untuk melaukan kehendak-Nya. Yang perlu kita lakukan adalah peka dengan suaraNya dan terus mencari tahu tentang arti dari penglihatan atau simbol yang kita dapatkan.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 2


7220

advertise with us