Orang Kristen Camkan Baik-baik, ‘Hanya Ada Satu Pernikahan Sah Yaitu Pria dan Wanita'!
Sumber: https://img.providr.com/average-wedding-

Marriage / 20 June 2018

Kalangan Sendiri

Orang Kristen Camkan Baik-baik, ‘Hanya Ada Satu Pernikahan Sah Yaitu Pria dan Wanita'!

Lori Official Writer
13781

Aku pikir semua orang Kristen harus paham betul soal masalah pernikahan yang banyak dipergunjingkan belakangan hari ini. Kebingungan di tengah masyarakat internasional soal pernikahan yang sah dimata agama malah membuat orang Kristen jadi bingung sendiri. Padahal Alkitab sendiri sudah menjelaskan dengan blak-blakan soal ini.

Nah, supaya gak lagi dijadikan pergunjingan atau malah jadi kontroversi soal pelegalan pernikahan sesama jenis yang sudah marak terjadi di beberapa negara belakangan ini, sudah sepatutnya orang Kristen punya pandangan serupa tentang jenis pernikahan yang sah di mata Tuhan.

Bahkan soal hal ini pun, pemimpin tertinggi Gereja Katolik Roma Paus Fransiskus sudah angkat suara dan menyampaikan pernyataan resminya soal pernikahan sesama jenis.

Jadi, kita sebagai orang Kristen harus memahami bahwa ‘hanya satu jenis keluarga yang sah di mata Tuhan, yaitu keluarga yang dipimpin oleh pria dan wanita’ yang sudah menikah.

“Menyakitkan sekali mengatakan hal ini hari ini: Orang-orang berbicara tentang beragam keluarga, dari berbagai jenis keluarga. Tapi ‘keluarga dari pria dan wanita dalam gambar Allah adalah satu-satunya,” ucap Paus dalam pernyataannya.

Baca Juga :

Pelajaran Berharga yang Harus Dipetik dari Pernikahan Hosea dengan Pelacur Gomer

Disebutkan di Alkitab, Apa Sih Makna Mas Kawin dalam Sebuah Pernikahan?

Selain menegaskan soal hal itu. Paus mendorong setiap pasangan yang sudah menikah untuk menghindari perceraian. Meskipun perceraian banyak terjadi karena perselingkuhan pasangan, tapi Paus memuji mereka yang tetap mempertahankan pernikahanny.

“Banyak wanita, tetapi bahkan pria kadang-kadang melakukannya, menunggu dalam diam, melihat ke arah yang lain, menunggu suami mereka setia lagi,” ucapnya.

Pernikahan Lewat Sudut Pandang Alkitab

Sebagaimana disampaikan Paus Fransiskus bahwa pernikahan yang sah adalah antara pria dan wanita. Hal ini bukanlah hanya sekadar pernyataan pribadinya atau opini dari sejumlahpemuka agama saja. Tapi hal ini memang tertulis di dalam firman Tuhan, Alkitab. Pada awalnya, Allah sudah merancang pernikahan adalah sebagai sebuah lembaga yang terdiri dari pria dan wanita (Kejadian 2: 18-24).

Selain itu, ada beberapa ayat yang dengan menjelaskan soal apa itu pernikahan yang sah di mata Tuhan. Beberapa diantaranya adalah:

  • Pernikahan adalah hubungan yang tak terpisahkan kecuali karena tindakan berzinah (Matius 19: 9)
  • Pernikahan antara suami istri bersifat monogami (Matius 19: 5; 1 Korintus 6: 16)
  • Pernikahan mencerminkan tentang gambaran Allah sendiri (Kejadian 1: 26-27)
  • Suami adalah kepala keluarga yang berperan untuk mengasihi istri dan istri adalah seorang penolong yang sepadan (1 Korintus 11: 8-9; 1 Timotius 2: 13; Efesus 5: 21-33; Kolose 3: 19; 1 Petrus 3: 1-6)
  • Pernikahan yang benar seharusnya menghasilkan buah yang benar, baik bagi istri, suami dan anggota keluarganya (Kejadian 1: 28a).

Dari poin-poin di atas, bisa disimpulkan bahwa pernikahan adalah persatuan yang intim dan saling melengkapi antara seorang pria dan seorang wanita dimana keduanya menjadi satu secara fisik dan dalam segala aspek kehidupannya. Tujuan pernikahan adalah untuk mencerminkan hubungan antara Allah dengan ciptaanNya. Meskipun kejatuhan dalam dosa telah merusak tujuan murni ini, tapi esensi pernikahan di mata Tuhan tak pernah berubah bahwa pernikahan itu sudah diciptakan sejak awal sebagai ikatan yang suci dan murni antara pria dan wanita.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami