Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
363


Tahu gak sih kalau hampir semua dari masyarakat yang hidup dengan ekonomi menengah ke atas pasti punya mobil. Apalagi sejak hadirnya pekerjaan online semacam Gojek atau Grab yang bikin banyak masyarakat memilih kredit mobil dan bekerja jadi driver.

Semua orang yang punya mobil pasti tahu kalau biaya maintenance mobil itu gak murah. Apalagi harus isi bensin dengan harga ratusan ribu. Fakta inilah yang bikin mereka yang punya mobil berusaha rutin untuk maintenance kondisi mobilnya sedikitnya sekali dalam sebulan.

Di sisi lain, ada orang yang mulai pusing setelah punya mobil karena bukannya membantu mereka malah harus rela mengeluarkan banyak uang untuk perbaikan beberapa kondisi mobil yang rusak parah. Entah itu ban yang bocor, flat yang harus diganti, pajak yang harus dibayar, atau mesin yang rusak. Harga yang harus dikeluarkan untuk menyelesaikan urusan-urusan inipun gak murah. Pemilik mobil bahkan bisa mengeluarkan duit sampai jutaan rupiah.

Baca Juga : Tips Jitu Hemat Kuota Internet Smartphone

Biar kamu yang punya mobil gak mau mengalami masalah ini, mending lakuin aja 6 cara ini. Dijamin deh mobil kamu justru gak rewel dan gak bikin masalah.

1. Pilihlah mobil dengan kondisi mesin yang masih baru

Bagaimana pun membeli mobil dalam kondisi yang masih baru jauh lebih baik daripada yang sudah bekas. Pastikan mesinnya masih gesit dan bukan mesin bekas yang suka rusak dan bikin pengeluaran jauh lebih banyak.

2. Harga menentukan kualitas

Bicara soal mobil, pasti harga sangat menentukan kualitas. Semakin mahal harga semua mobil maka semakin bagus pula kualitasnya. Sama seperti poin nomor satu, saat kamu membeli mobil bekas kamu justru hanya akan kecewa karena kemudian kamu menyadari kalau kondisi mesinnya sudah parah. Mau gak mau kamu harus menggantinya dengan mesin baru yang harganya terbilang cukup mahal.

3. Lakukan riset sebelum membeli mobil

Banyak orang membeli mobil tanpa melakukan riset atau belajar lebih dulu soal jenis mobil yang akan dibeli. Akibatnya, mereka justru terjebak dengan beberapa pretelan yang gak seharusnya, seperti contoh buat yang membeli mobil dengan cara kredit banyak yang gak terlalu detail menanyakan soal bunga cicilan yang rupanya cukup tinggi. Atau bisa jadi jenis mobil yang dibeli rupanya gak terlalu familiar sehingga saat mengalami kerusakan banyak bengkel atau showroom yang gak punya alat untuk memperbaikinya.

4. Tetap pastikan tangki bahan bakar mobil tak sampai kosong

Membiarkan tangka bahan bakar dan jangan sampai kosong adalah hal utama yang harus diperhatikan pemilik mobil. Karena hal ini akan membantu tangka mobil tetap awet sampai bertahun-tahun.

5. Pakailah jenis bahan bakar yang sesuai dengan mobil

Hal ini penting sekali untuk diperhatikan. Kalau memang mobilmu harus diisi dengan bahan bakar seperti pertamax, maka jangan isi bahan bakarnya dengan jenis pertalite atau yang jauh lebih murah. Setiap mobil dirancang dengan mesin berbahan bakar tertentu, jadi ikutilah sesuai dengan bawaannya daripada justru akan menimbulkan masalah ke depan.

6. Lakukan perawatan rutin

Memang kamu harus menyisihkan biaya perawatan rutin setiap bulannya untuk mobilmu. Bilang saja kamu bisa harus sampai ratusan ribu untuk itu. Tapi biaya ini akan jauh lebih murah daripada kerusakan parah yang akan terjadi saat mobilmu jarang dirawat. Bisa jadi kamu malah harus mengeluarkan kocek sampai puluhan juta untuk kerusakan yang sudah sangat parah.

Sadar atau gak, punya mobil memang gak murah. Karena selain mikirin biaya isi bensinnya, kamu juga harus rajin memeriksa kondisinya secara berkala. Tapi cara sederhana di atas bisa kamu lakuin buat mencegah mahalnya pengeluaran untuk mobilmu.

Sumber : Crown.org/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

traveller cantik 19 December 2018 - 00:01:26

Kalau kita tidak menyukai hobby pasangan bagaimana.. more..

0 Answer

Rizam Lede 17 December 2018 - 13:25:45

Mencari pacar yang Takut akan Tuhan

0 Answer

antonia anton 14 December 2018 - 16:16:46

stress

1 Answer


chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Banner Mitra Week  3


7226

Superyouth