Orang Kristen Wajib Tahu! 2 Olahraga Ter-aman Obati Perut Kembung
Sumber: pancarkanpesonamu.com

Health / 18 June 2018

Kalangan Sendiri

Orang Kristen Wajib Tahu! 2 Olahraga Ter-aman Obati Perut Kembung

Naomii Simbolon Official Writer
2159

Perut kembung bisa diakibatkan oleh banyak hal, bisa karena sembelit, masuk angin, menderita penyakit celiac, nggak bisa toleransi terhadap makanan tertentu, menderita sidrom iritasi pada usus besar dan banyak hal lainnya.

Dibalik penyebab di atas, juga ada banyak cara untuk mengobati perut kembung. Misalnya dengan mengonsumsi jahe, peppermint, yogurt, tempe, kimci dan juga lewat aktivitas fisik seperti berolahraga.

Kurangnya berolahraga bisa bikin gerakan usus kamu melambat, sehingga memicu gas menjadi menimbun di dalam perut.

Nah, biar perut kembung kamu bisa diatasi, sebaiknya lakukanlah gerakan sederhana ini selama 5 menit:

1.Kardio 5 menit

Olahraga kardio 5 menit setiap hari sangat ampuh banget untuk kesehatanmu, salah satunya mengatasi perut kembuh yang tak kunjung sembuh.

Kardio bagus banget meningkatkan pernapasan, detak jantung, serta merangsang otot dan saraf agar bekerja secara optimal. Kondisi ini akan merangsang kontraksi alamiah usus. Otot usus yang berkontraksi secara efesien akan memperlancar pencernaan dan mengeluarkan makanan di usus sehingga gas yang menyebabkan sakit keluar.

Ada banyak jenis olahraga kardio yang bisa kita lakukan, seperti jalan cepat, berenang, bersepeda dan jogging.

Lakukanlah kardio minimal 5-10 menit setiap hari supaya tubuh kita bisa beradaptasi dengan baik terlebih dulu, dan kalau sudah terbiasa tingkatkan waktu latihan kita menjadi 25-30 menit sebanyak 3-5 kali per minggu

2. Lakukan latihan Yoga

Tapi ingat, yoga yang dimaksudkan di sini bukan yoga untuk menenangkan pikiran ya!

Ada beberapa latihan yoga yang berbeda yang bisa kita lakukan, misalnya:

a. Cat-cow

Cat-cow adalah salah satu pose yang bisa membantu untuk melancarkan pencernaan dan perut kembung. Gerakan ini membantu mendorong gerakan usus sehingga mengurangi timbunan gas di perut.

Posisikan tubuh dengan merangkak di atas matras, lalu dorong tulang belakang ke arah atas sambil buang napas. Tundukkan kepala dan tahan selama 10 detik. Setelah itu, gerakkan bagian tubuh ke arah yang berlawanan. Lekukkan punggung ke arah bawah dan angkat kepala kamu menghadap atas.  Tahan selama 10 detik dan ulangi gerakan ini sebanyak 3 kali

b. Torso twist

Pose ini bagus banget meningkatkan aliran dan sirkulasi darah. Hanya dalam 5 menit saja, gerakan ini bisa membantu kita mengatasi masalah perut kembung lho!

Ambillah posisi nyaman dengan duduk di atas matras sambil menekuk lutut. Kemudian, angkatlah kaki ke arah dada sambil menyeimbangkan tulang ekor. Pada bagian tangan, tekuk siku dan letakkan tangan kita di depan dada, telapak tangan saling bersentuhan.

Mulailah dengan merotasi tubuh bagian atas ke arah kiri, lalu berhentilah saat siku kanan bersentuhan dengan lutut kiri. Putar tubuh kembali ke tengah dan ulangi gerakan yang sama ke arah kanan. Lakukan gerakan ini sebanyak 2 sampai 3 set.

Menjaga tubuh agar tetap sehat itu sangat perlu, mengingat tubuh kita adalah bait suci Allah dan kita harus tetap bergerak melewati kehidupan ini. So yuk, jangan anggap sepele mengenai rasa sakit dalam tubuh kamu. Jika merasa sedikit asing dan ada yang aneh, maka perlu sekali untuk mengecek ke dokter segera. Mulailah ubah kebiasaan buruk kamu dengan olahraga secara rutin minimal 30 menit sehari.


Sumber : berbagai sumber/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami