Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
663


Sebelum bahas tentang caranya, self-cendered adalah julukan buat mereka yang menempatkan dirinya sebagai poros yang berputar alias egois. Bagi mereka, tidak ada obrolan yang lebih menyenangkan dari ngomongin diri sendiri. Misalnya ketika kita sedang asik-asik ngobrol, eh tiba-tiba teman kita satu ini menyela pembicaraan dengan cerita tentangnya.

Tipe jenis ini seringkali bikin kita lelah sendiri, lantaran mereka tidak begitu peduli dengan pendapat orang lain dan cenderung menempatkan dirinya pada posisi teratas. Nah, kalau kita ketemu dengan teman tipe ini, 5 cara ini bisa jadi pertimbangan untuk mengahadapinya.

1.  Terima sikapnya tersebut

Menerima adalah langkah penting yang harus kita lakukan. Kita harus bisa menerima fakta kalau mereka memang jauh lebih mementingkan diri sendiri dibandingkan kita atau orang lain. Dengan menerima, kita jadi bisa belajar untuk memahami sikapnya ini karena tidak memaksa ia untuk mengikuti keinginan kita.

Mungkin saja sikapnya ini karena sejak kecil dirinya tidak memiliki perhatian yang cukup dari keluarganya, sehingga ia melakukan hal ini agar menjadi pusat perhatian. Dibandingkan kita menjauhi apalagi membencinya, ada baiknya kita menjadi pribadi yang bisa mencoba untuk mengerti sikapnya ini.

Baca juga: Kekecewaan Berikan Akar Pahit, Maka Serahkanlah Setiap Rencana Kita Pada Tangan Yang Tepat

2.  Ingatkan padanya kalau dunia tidak selalu berputar baginya

Saat kita merasa kalau sikapnya ini sudah melewati ambang wajar, sedikit-sedikit kita harus bisa melakukan pendekatan dengan mengingatkan kalau sikapnya ini sedikit mengganggu. Ingatkan padanya kalau sebuah hubungan pertemanan yang baik perlu dilakukan dua arah.

Sikapnya yang sangat self centered ini membuat kita selalu menjadi pihak pendengar, padahal setiap orang juga punya masalahnya masing-masing. Daripada kita langsung gondok, ada baiknya menawarkan cerita kita secara perlahan sambil memberi pengertian bahwa kita juga perlu didengar sepertinya.

3. Harus pintar cari topik yang menarik

Teman dengan sikap self centered ini seringkali dikatakan sebagai egois sebab senang sekali kalau sudah berhasil menyetir pembicaraan sesukanya. Agar kita tidak terus menerus mendengar ceritanya, cobalah dengan mengalihkan topik yang kita suka untuk membangun sebuah percakapan yang lebih baik lagi.

4. Berhenti mengikuti setiap keinginannya

Nggak jarang tipe teman ini cenderugn bossy dan menuntut kita untuk mengikuti keinginannya. Sikapnya yang sulit mendengarkan perkataan orang lain juga membuat kita merasa sedang ngomong sama tembok.

Saat kita merasa kalau sikapnya sudah keterlaluan apalagi sampai meminta ini itu, ada baiknya kita menegaskan kepadanya kalau hal ini bukanlah tipe pertemanan yang kita inginkan. Tidak lupa juga kita berkata jujur kalau sikapnya ini membuat kita tidak nyaman dan merasa lebih rendah dibandingnya. Kejujuran adalah fondasi bagis semua jenis hubungan, jadi nggak perlu takut untuk bersikap demikian dengannya, ya.

Terkadang, orang jenis ini memang membuat kita capek sendiri. Kayaknya bikin kita ingin bersungut-sungut di dalam hati tentang sikapnya yang bikin kita tidak nyaman. Ada baiknya juga kita lebih memilih untuk bersama-sama dengan teman yang tidak egois. Teman yang baik adalah mereka yang juga bisa menghargai kita, selayaknya kita menghargai mereka.

Sumber : gogirl/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 2


7220

advertise with us