Renungkanlah 3 Ayat Ini Kalau Pengen Jadi Orangtua yang Lebih Baik
Sumber: Psychology Hacker

Parenting / 15 June 2018

Kalangan Sendiri

Renungkanlah 3 Ayat Ini Kalau Pengen Jadi Orangtua yang Lebih Baik

Lori Official Writer
1922

Jadi orangtua bukan peran yang mudah. Akan ada banyak peperangan yang terjadi sepanjang perjalanannya. Bahkan orangtua juga harus berkorban demi menyaksikan anak-anaknya tumbuh dengan baik dan kelak sukses dalam hidupnya.

Ada masa ketika orangtua berhadapan dengan jalan buntu; penuh kemarahan, ketidaksabaran, kehilangan waktu dan juga kebijaksanaan. Hal ini seringkali akan berimbas pad acara orangtua mendidik anak.

Nah supaya kamu bisa jadi orangtua yang lebih baik, cobalah merenungkan tiga ayat ini dan berdoalah supaya Tuhan memampukanmu untuk bisa melakukannya.

Amsal 4: 23

“Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.”

Berpikirlah begitu, “Kalau aku membantu anak-anakku menjaga hati mereka, aku tak perlu kuatir soal hal kecil yang mereka lakukan”. Ingatlah kalau bagaimana kondisi hatimu begitu juga tindakan yang akan keluar. Karena keadaan hati adalah akar dari tindakan lahirah. Jadi sudah seharusnya orangtua menjaga hati mereka supaya hal yang sama akan dirasakan oleh anak-anaknya.

Ibrani 3: 13

“Tetapi nasihatilah seorang akan yang lain setiap hari, selama masih dapat dikatakan "hari ini", supaya jangan ada di antara kamu yang menjadi tegar hatinya karena tipu daya dosa.”

Salah satu kebiasaan yang harus dipupuk oleh orangtua bersama anak-anaknya adalah meluangkan waktu untuk menghabiskan waktu bersama. Di waktu-waktu kebersamaan inilah yang bisa dipakai jadi momen untuk berbagi pikiran dan mengajari anak soal hal-hal yang harus dia perhatikan dalam hidupnya.

Baca Juga : ‘SCHOOL’, 6 Kata Ajaib yang Bikin Orangtua Berdoa Lebih Mudah Untuk Anak-anaknya

Amsal 29: 18

“Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat. Berbahagialah orang yang berpegang pada hukum.”

Anak-anak kadang belum sepenuhnya bisa memahami soal arti kehidupan yang sebenarnya. Karena itulah mereka cenderung bertindak semaunya. Sebagai orangtua, adalah tugas utama untuk mengingatkan mereka soal fakta yang sebenarnya soal hidup. Terutama soal siapa mereka dan kenapa mereka harus hidup di dalam Tuhan yang menciptakan mereka.

Saat orangtua sudah memperkenalkan Tuhan di dalam hidup setiap anak-anaknya sejak dini, yakinlah bahwa mereka pun akan tumbuh dengan cara hidup yang baik.

Inilah tugas mulai dari orangtua. Tak mudah, tapi dengan firman Tuhan semua hal yang sulit ini pasti bisa diatasi.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami