Orang Percaya Diberkati Kodrat Ilahi, Inilah 3 Keuntungannya!
Sumber: cbn.com

Kata Alkitab / 15 June 2018

Kalangan Sendiri

Orang Percaya Diberkati Kodrat Ilahi, Inilah 3 Keuntungannya!

Inta Official Writer
9224

2 Petrus 1:3-4, "Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.

Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia."

Ayat di atas membawa kita pada sebuah pertanyaan, apa itu kodrat ilahi? Disini juga dikatakan bahwa setiap orang percaya akan beroleh kodrat ilahi. Kita tahu kalau pada hakikatnya, setiap kita yang tidak percaya akan binasa. Saat kita memutuskan untuk menerima Tuhan dan menaruh iman percayanya kepada Tuhan Yesus, maka kita akan beroleh anugerah keselamatan sehingga boleh mengambil bagian di dalam kodrat ilahi.

Kata kodrat sendiri berasal dari bahasa Yunani ‘Phusis' yang berarti nature, atau dalam bahasa Inggrisnya adalah divine nature. Kodrat ilahi yang kita miliki tidak hanya menjadikan kita menerima janji-janji yang berharga, namun juga membuat kita mampu untuk hidup kudus. Hidup kudus disini berarti kita bisa menangani hawa nafsu duniawi yang sifatnya membinasakan. Dengan berkat ini kita bisa terlepas dari keinginan-keinginan jahat dan kita menerima sifat ilahi.

Ketika baru menerima materi ini, seorang teman saya bertanya apakah kodrat ilahi ini juga berarti membuat kita punya potensi kekuasaan sebagaimana Tuhan. Hal ini ia tanyakan sebab ia kebingungan karena seringkali kita sebagai orang Kristen didorong untuk menjadi sama seperti Yesus. Dimana Yesus merupakan Tuhan itu sendiri.

Kita harus percaya bahwa sehebat apa pun manusia maupun sebesar apa pun kekuasaannya, ia tidak akan bisa menjadi Tuhan. Sebab Tuhan adalah sang Pencipta, dan kita tidak akan pernah bisa menyamai pribadi Tuhan sebagai Pencipta.

Baca juga: Kekecewaan Berikan Akar Pahit, Maka Serahkanlah Setiap Rencana Kita Pada Tangan Yang Tepat

Berdasarkan pendalaman Alkitab yang dilakukan bersama Manna Sorgawi, ada 3 hal yang kita dapatkan ketika mendapat kodrat ilahi ini. 

1.  Menjadikan kita sebagai anak-anak Allah

Kodrat ilahi tidak membuat kita sama dengan Tuhan, melainkan menjadikan kita sebagai anak-anak terang sebab kita lahir dari Bapa. Hal ini disampaikan pada 1 Yohanes 3:9, “Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah.”

2.  Menjadikan manusia sebagai pribadi yang sempurna

Kita pasti pernah mendengar bahwa setiap orang percaya adalah ahli waris atas kerajaan Bapa di surga. Pada Matius 5:48, “Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.”

3.  Membuat kita serupa dengan Kristus

Sempurna disini bisa kita artikan sebagai pribadi yang serupa dengan karakter Kristus. Dalam 1 Yohanes 2:6, “Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.”

Dimana ayat di atas menjelaskan bahwa dengan kodrat ilahi, kita menjadi seorang pelaku firman Tuhan. Tuhan Yesus telah menunjukkan kita ke dalam kesempurnaan atau kedewasaan rohani, sehingga kita telah diberi kemampuan untuk tidak berbuat dosa.

Mungkin kita seringkali berpikir bahwa tidak mungkin sebagai manusia kita luput dari dosa. Tetapi dari sini kita bisa belajar bahwa setelah kita menetapkan diri sebagai orang percaya, maka ada berkat kodrat ilahi yang ada di dalam kita. Sehingga dengan berkat inilah kita dimampukan Tuhan untuk tidak lagi berbuat dosa.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami