Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
679


Mungkin salah satu hal yang paling disalahpahami dari Sepuluh Perintah Allah adalah yang satu ini: “Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu.”” (Keluaran 20: 17)

Mengingini bukan hanya semacam keinginan untuk memiliki sesuatu yang kita gak punya. Melihat sesuatu yang kamu kagumi mungkin gak terlalu mengasyikkan. Karena kamu hanya mengaguminya.

Perbedaan mengingini dan mengagumi terletak pada ‘keinginan’ kita akan sesuatu. Dan seringnya kedua hal ini adalah sesuatu yang mustahil kita miliki. Di Keluaran 20: 17, juga dituliskan tentang ‘mengingini istri orang lain’. Seseorang dalam hal ini bukan dalam konteks menginginkan seorang istri, tapi menginginkan istri tetangganya.

Dari bahasa aslinya, kata ‘mengingini’ diterjemahkan dengan ‘sangat berhasrat akan seseorang atau sesuatu’. Sama halnya seperti serigala yang siap menerkam mangsanya. Seekor serigala gak akan berhenti mengejar sampai dia mendapatkan mangsanya. Itulah maksud ‘mengingini’ di sini. Karena keinginan inilah kita jadi sangat terobsesi pada sesuatu dan memaksa diri untuk mendapatkannya.

Baca Juga : Jangan Mengingini

Bagaimana seseorang jatuh dalam keinginan keliru ini?

Pertama, hal itu dimulai dari mata saat melihat satu objek. Lalu pikiran akan meresponi hal itu dan menciptakan rasa kekaguman, selanjutnya tubuh akan bergerak masuk untuk mendapatkannya.

Umumnya, seseorang yang gak punya banyak uang akan lebih mudah terjebak dalam keinginan semacam ini. Pikiran mereka dikuasai oleh keinginan sendiri yang membuat mereka merasa berhasil kalau mendapatkan hal itu.

Malangnya, ada orang yang terikat dengan hasrat mengingini yang keliru ini. Sehingga sepanjang hidupnya, mereka selalu terobsesi dengan hal-hal tertentu dan rela berkorban demi mendapatkan semua yang mereka inginkan. Mereka bisa saja terobsesi dengan memiliki seseorang, mungkin benda, posisi dan sebagainya. Dan sesulit apapun tantangannya, mereka akan berjuang untuk mendapatkannya sekalipun harus menghancurkan hidupnya sendiri.

Seperti dikatakan oleh Yesus, bahwa daging kita memang lemah tapi roh penurut (Matius 26: 41). Karena itu, jauh lebih baik berjuang untuk mematikan kedagingan itu lebih dulu dengan lebih banyak membaca firman Tuhan dan merenungkannya siang dan malam. Supaya setiap organ tubuh kita gak tercemar oleh keinginan-keinginan yang merusak.

“Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala..” (Kolose 3: 5)

Sumber : Greg Laurie/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer

Andayan Lintin 14 October 2018 - 13:23:37

Kenapa ada siang dan malam

1 Answer

ceven lodiko 14 October 2018 - 09:31:31

Gms

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7269

advertise with us