Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

gogreenboy

Official Writer
966


Sekarang ini waktunya mudik mendekati hari raya lebaran dan liburan sekolah. Banyak rumah yang ditinggal pergi dan kosong. Namun alih-alih aman malah ada banyak kejadian situasi ini dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan dan bahkan bisa juga terjadi situasi yang diluar control karena kelalaian pemilik rumah.

Untuk menghindari hal tersebut hal apa saja yang perlu dilakukan dobel cek agar sesudah mudik tetap ada sukacita dalam keluarga?


1. Matikan dan cabut selang gas

Tidak cukup mematikan kompor namun alangkah baiknya mencopot selang tabung gas dari tabungnya. Sering terjadi waktu ditinggal mudik ternyata ada tikus yang menggigit dan merusak selang atau ketumpahan air di atas tabungnya sehingga bisa terjadi percikan atau kebakaran saat dinyalakan apinya.

2. Cabut colokan setrika

Seringkali karena mempersiapkan baju-baju untuk mudik, para ibu menyetrika baju dan karena buru-buru lupa mencabut setrika dari colokan listriknya. Hal tersebut sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kebakaran karena konsleting listrik.

3. Mematikan air kran

Jangan hanya mematikan kran air yang dari dalam rumah, tapi lebih baik matikan air dari meterannya langsung. Hal ini agar saat ditinggal mudik tidak terjadi kebocoran pipa yang akan berimbas rumah jadi banjir atau kran air yang di depan rumah dipakai orang lain/tetangga sehingga tiba-tiba tagihan jadi melonjak.

4. Mengosongkan kulkas

Hal ini sepele namun sangat penting. Tanpa kita sadari bisa saja listrik padam dan beberapa jam kemudian nyala kembali. Akibatnya adalah makanan yang ada dikulkas sudah tidak dingin lagi dan tidak bagus untuk dikonsumsi. Saat kita pulang mudik dan memakan atau memasak makanan tersebut bisa fatal akibatnya.

5. Matikan lampu bagian dalam

Lampu bagian luar masih bisa tetap dinyalakan, namun lampu bagian dalam lebih baik dimatikan atau gunakan lampu kecil untuk menghemat. Jika kita mudik di siang hari, tanpa kita tahu seringkali ada lampu dibagian dalam rumah yang masih nyala dan akibatnya selama beberapa hari lampu akan terus menyala dan membuang energy.

6. Jangan tinggalkan barang berharga

Jika kita menyimpan perhiasan didalam rumah,lebih baik dibawa atau dititipkan ke bank. Demikian juga surat atau dokumen berharga seperti surat tanah/bangunan, BPKB kendaraan dan lain sebagainya.

Tentu kita tidak berharap ada pencurian, namun seandainya musibah itu terjadi, setidaknya barang-barang yang berharga tetap terselamatkan.

7. Kunci ganda kendaraan

Jika mudik menggunakan kendaraan umum, mobil, kereta atau pesawat terbang, maka kita akan meninggalkan kendaraan kita seperti motor atau mobil tetap di rumah. Demi menghindari musibah yang tidak kita inginkan, alangkah lebih baiknya jika kita mengunci ganda kendaraan kita. Bisa menggunakan gembok atau rantai tambahan. 


Musibah tentu tidak kita inginkan, namun setidaknya kita sudah melakukan bagian kita dengan baik. Selanjutnya kita hanya perlu berdoa dan biarlah Tuhan yang memberkati rumah kita. Jangan sampai kita tidak melakukan bagian kita dan hanya minta Tuhan memberkati kita. 



Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7272

Konselor