Para Pengguna Jalan Perlu Tahu, Ini Beberapa Titik Macet Selama Libur Lebaran 2018
Sumber: Inilah Online

Nasional / 11 June 2018

Kalangan Sendiri

Para Pengguna Jalan Perlu Tahu, Ini Beberapa Titik Macet Selama Libur Lebaran 2018

Lori Official Writer
2373

Liburan telah tiba! Waktunya buat warga ibu kota mudik ke kampung halaman. Pastinya selama proses mudik ini, jalanan bakal padat merayap sampai macet dimana-mana. Karena masyarakat cenderung memilih mudik dengan mengendarai motor dan mobil pribadi.

Nah, buat jaga-jaga biar gak kejebak macet sampai mati gaya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun sudah mengumumkan himbauan buat para pengguna jalan soal titik-titik rawan macet selama libur lebaran ini.

Adapun beberapa titik kemacetan yang diperkirakan diantaranya:

Gerbang Tol Cikarang Utara (Cikarut)

Gerbang tol yang terletak di ruas Tol Jakarta – Cikampek ini dilaporkan akan jadi titik pusat kemacetan selama arus mudik. Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Hindro Surahmat menyampaikan bahwa kondisi kemacetan itu disebabkan adanya arus pemudik yang berdatangan dari arah Barat Jakarta dan sekitarnya yang menempuh perjalanan melewati pintu tol Cikarang Utama.

“GT Cikarang Utama ini pasti kan semua pada lewat situ, sehingga mau enggak mau pasti padat di sana. Sementara kalau sudah melewati itu kea rah Timur nantinya bakal terurai. Ada beberapa yang lanjut ke Tol Cikopo, ada juga yang memilih keluar ke jalan arteri,” ucapnya.

Gerbang Tol Kertasari

Seperti kabar lalu lintas, Minggu (10/6) kemarin, Pintu Tol Kertasari dinyatakan macet total. Hal ini berimbas pada macetnya Tol Pejagan-Pemalang di KM 290. Menurut salah satu petugas Dishub, Imam kepadatan tersebut disebabkan oleh antrean keluar pintu tol Kertasari untuk pembayaran e-toll. Macet pun dikabarkan mencapai 4 kilometer dan sudah terjadi sejak Minggu pagi. Kondisi ini pun diyakini masih akan terus berlanjut selama arus mudik lebaran beberapa hari ke depan.

Jembatan Kali Kuto, Titik Keluar dari Krapyak dan Kali Salatiga

Selain titik macet di Gerbang Tol Kertasari, kemacetan juga diperkirakan akan terjadi di tiga titik lainnya yaitu Jembatan Kali Kuto, titik keluar dari Krapyak dan Kali Salatiga. Ketiga titik kemacetan ini bahkan sudah dikonfirmasi oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Kepala Polisi Jenderal Tito Karnavian menyamapaikan kalau titik-titik macet itu harus dijaga oleh beberapa pos terpadu karena tingkat kemacetannya akan cukup panjang.

Baca Juga :

Studi: Kemacetan Lalu Lintas Picu Konflik dalam Pernikahan

4 Hal yang Memicu Konflik Rumah Tangga Menjelang Mudik

Kapolri mengakui bahwa jalur mudik menuju wilayah Jawa Tengah memang jadi prioritas.

Sementara untuk jalan yang ditempuh oleh kendaraan roda dua dipastikan akan mencapai puncak macetnya di Jalur alternatif Tanjungpura-Cikalong dan rest area tol Cikampek. Jalur yang satu ini diakui memang selalu macet setiap tahunnya. Kemacetan sendiri disebabkan oleh jalur yang cukup sempit.

Jadi buat pemudik yang akan segera melakukan perjalanan, tetap berhati-hati ya. Kalau memang memungkinkan cobalah jalur alternatif lain yang gak membuatmu harus terjebak macet berkepanjangan. Dan tetap berhati-hati di jalan, buat pemudik yang menempuh perjalanan panjang jangan lupa istirahat sejenak dan jaga kesehatan tubuh supaya tiba di tujuan dengan kondisi yang tetap bugar.

Selamat liburan dan salam sejahtera buat kita semua.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami