Hati-Hati Anak Alami Culture Shock! Selamatkan Mereka Dengan Cara Ini

Parenting / 8 June 2018

Kalangan Sendiri

Hati-Hati Anak Alami Culture Shock! Selamatkan Mereka Dengan Cara Ini

Puji Astuti Official Writer
1848

Salah satu tantangan terbesar bagi anak jaman now atau generasi sekarang ini adalah susah fokus dan mudah terombang-ambingkan dengan apa yang sedang jadi trend saat ini. Lalu bagaimana orangtua dan juga gereja bisa membantu mereka, terutama yang memasuki usia remaja agar anak-anak muda ini bisa menggenapi panggilan Tuhan dalam hidupnya.

Hengki Wijaya seorang technopreneur yang juga menjabat sebagai associate pastor di sebuah gereja lokal di Australia mengungkapkan, bahwa saat ini generasi muda dibombardir oleh berbagai budaya yang tidak sesuai dengan budaya kerajaan Allah.

“Culture is important thing,” demikian Henki mengingatkan pentingnya pengaruh budaya dalam kehidupan ini. Tentunya budaya yang baik dan berkenan di hadapan Allah yang harus dijaga dan diperjuangkan agar bisa dihidupi anak-anak muda saat ini.

Peran penting pembapakan dalam dalam hidup anak

“Apa yang bisa kita lakukan?” demikian tanya Hengki.

Mengambil dasar firman Tuhan dalam Maleakhi 4:5-6 yang menyatakan, “Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu. Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.” Hengki melihat perlunya pembapaan atas anak-anak muda itu.

Baca juga :Undefeated, Memulihkan Hati Bapa Para Remaja

Kerinduan Seorang Bapak

“Jadi mengambil posisi seorang Bapak, bukan hanya sebagai pencari nafkah saja. Konsep dari fathering atau spiritual fathering itu akan menjadi kunci generasi ke depan,” demikian jelasnya.

Mengajarkan anak muda tentang tujuan hidup mereka di dalam Tuhan

Banyak generasi muda yang mulai meninggalkan gereja, karena mereka tidak pernah diajarkan apa tujuan hidup dan apa yang Tuhan mau dalam hidup mereka. Hal itu membuat mereka mencari tahu dengan cara mereka sendiri.

“Sebagai orangtua dan sebagai pendeta kita harus membantu mereka mengerti ‘what is your destiny, what is your purpose?’”

“Sebagai anak muda kita harus melihat kita 10 tahun lagi mau jadi orang yang seperti apa. Setelah itu kita lihat apakah sekarang kita sedang menuju ke hal itu. Lalu apakah orang-orang disekitar kita mendukung kita ke arah situ,” demikian pesan Hengki kepada anak-anak muda.

Ia mengingatkan pentingnya menjaga pergaulan anak-anak muda, karena hal tersebut sangat mempengaruhi masa mereka.

Untuk menonton video Ask the Expert bersama Hengki Wijaya silahkan Klik Disini

Sumber : JC Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami