Anggap Sepele! Depresi Bisa Merenggut Masa Depan Anak. Kenali Depresi Anak Dengan Cara Ini
Sumber: http://diabetesdad.org/files/2013/12/Sho

Parenting / 8 June 2018

Kalangan Sendiri

Anggap Sepele! Depresi Bisa Merenggut Masa Depan Anak. Kenali Depresi Anak Dengan Cara Ini

Naomii Simbolon Official Writer
1484

Anak-anak itu hampir sama dengan orang dewasa, mereka juga bisa depresi walaupun memang kelihatannya mereka normal karena tidak memiliki masalah yang berat. Namun jangan salah bahwa depresi juga bisa dirasakan mereka,  hal ini dikarenakan hasil ketidakseimbangan kimia di otak sehingga depresi klinis terjadi pada mereka.

Sebagai orang tua, ada baiknya kita harus mengenal tanda-tanda khusus pada anak kalau mereka sedang depresi. Daripada mental mereka terganggu, orangtua bisa dengan sigap memberi bantuan dan perawatan.

The DSM (Diagnostik dan Statistik Manual of Mental Disorder) adalah panduan intruksi yang di terima secara luas oleh banyak orang yang memanfaatkan para profesional untuk mendiagnosis gangguan mental.

Nah, menurut DSM inilah tanda-tanda depresi pada anak. Setidaknya 5 dari tanda ini harus dimiliki dalam jangka waktu 2 minggu atau lebih sehingga dia layak di katakan depresi secara resmi, coba cek mom!

1. Anak mengalami perasaan sedih atau depresi yang mendalam dan berlangsung  hampir sepanjang hari (dalam dua minggu atau lebih).



Dalam hal ini anak akan berperilaku mudah  marah dibanding sedih.

2. Minat bermain dan melakukan kegiatan mayoritas hariannya berkurang

Misalnya, tadinya dia sangat aktif bermain, dan melakukan hobinya, kini sudah mulai tidak aktif bahkan tidak lagi melakukannya. Entah itu bermain mobil-mobilan atau bercerita kepada orangtua.

3. Penurunan berat badan yang sangat signifikan, namun bukan melalui diet ya! Tetapi adanya penurunan nafsu makan pada anak. Selain itu, dalam pertumbuhannya anak-anak sulit mengalami kenaikan berat badan.

4. Anak-anak mulai merasa tidak berharga dan merasa bersalah yang berlebihan setiap hari.

5. Memiliki pikiran ingin bunuh diri


Sebagai anak, saya pernah mengalami kejadian ini. Terjadi ketika saya duduk dikelas 4 SD. Orangtua wajib memperhatikan dengan seksama dan jangan melihat sepele kejadian ini, bisa jadi ini pertanda bahwa anak kita sedang depresi. Entah karena hubungannya dengan teman sekolahnya atau bahkan karena sikap kita terhadap mereka.

Jika anak kita mengalami 5 tanda diatas, sebaiknya kita harus menolong mereka.  Bawalah mereka bertemu konselor atau psikiater untuk menguji dan memastikan apakah mereka sedang depresi, jika sudah parah  segeralah bawa ahli jiwa atau psikolog , agar mereka melakukan tindak lanjut secara profesional untuk memulihkan anak kita.

Jangan anggap sepele, depresi pada anak-anak akan mempengaruhi masa depan mereka loh. Pemicu depresi sendiri perlu kita ketahui sebelum terlambat, apakah itu dikarenakan pola asuh kita yang salah, atau tindakan kita yang salah, keharmonisan rumah yang terancam atau karena kondisi lingkungannya diluar seperti sekolah dan anak tetangga?

BACA ARTIKEL INI JUGA : Kenali Minat Anak Sejak Dini Yuk! Cukup Lakukan 5 Cara Ini Saja

Yuk, sebagai orangtua Kristen, kita harus mampu merawat anak-anak kita dengan benar, karena merekalah generasi selanjutnya yang berdiri untuk bangsa ini setelah kita. Biarkan nama Tuhan dipermuliakan lewat masa depannya kelak!

Sumber : lifehack/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami