Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1346


Kondisi kehidupan umat beragama yang belakangan ini rentan dengan aksi intoleransi, radikalisme dan terorisme mendorong sekelompok orang untuk menggelar acara yang bertujuan untuk menciptakan persatuan dan perdamaian antarumat beragama.

Bertepatan dengan bulan puasa yang dijalankan oleh umat Muslim, sebagian gereja bahkan berinisiatif untuk menggelar buka puasa bersama untuk tujuan memupuk kembali kebersamaan di tengah perbedaan yang ada. Inilah yang dilakukan oleh Gereja Katedral Jakarta dan Gereja Hati Kudus Yesus Tegal.

Sebagaimana dikutip dari BBC Indonesia,buka bersama yang digelar di Gereja Katedral Jakarta pada Jumat, 1 Juni 2018 ini, digerakkan oleh Komunitas Kerja Bakti Demi Negeri.

Bukan hanya sekadar buka puasa, tapi acara ini juga diwarnai dengan kegiatan tur gereja yang diikuti oleh puluhan umat Muslim. Mereka mengelilingi aula gereja seraya mendengarkan penjelasan Kepala Paroki Katedral Jakarta, Romo Hani Rudi Hartoko.

Acara ini diharapkan bisa memperbaiki persepsi keliru yang terjadi antarumat beragama di Indonesia. Sehingga semua umat bisa sama-sama bekerja untuk membangun bangsa.

Sementara Romo Hani mengaku senang karena acara buka bersama ini jadi awal yang baik untuk memulihkan hubungan setelah peristiwa pilu di tiga gereja di Surabaya beberapa waktu lalu. “Mereka datang karena juga ingin memberikan sebuah peneguhan, uluran tangan, dan kita sambut. Beberapa waktu lalu setelah kejadian kan ada beberapa muslim yang datang membawa bunga, membagikan bunga dan permen kepada umat,” ucapnya.

Sedang acara buka puasa yang digelar di Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Tegal, pada Kamis (7/6) kemarin sore mengusung tema yang hampir sama yaitu ‘bersatu dalam keberagaman itu indah’.

Baca Juga : Tradisi Monuntul dan Gereja Tua Ini Bikin Umat Beragama Kotamobagu Hidup Berdampingan


Acara buka puasa ini pun digelar oleh pihak gereja setempat. Pastor Yohanes Suratman, selaku penyelenggara, menuturkan bahwa buka puasa bersama puluhan umat Muslim yang bekerja sebagai penyapu jalan di Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal itu merupakan ajakan untuk membangun persaudaraan antar agam, suku dan budaya.

“Kami ingin mengajak dan membangun persaudaraan bersama dengan lintas agama, suku dan budaya. Kebaikan bila dipersatukan akan tambah baik,” ucap Pastor Yohanes.

Suasana indah pun semakin terasa ketika puluhan umat Muslim yang ikut melangsungkan salat berjamaah di dalam ruangan gereja tersebut.

Sumber : BBC Indonesia/Tribunnews.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Galaxy studio moses 21 September 2019 - 19:33:34

Apa dampak dari tersenyum

0 Answer

Wiadnyana Legawa 20 September 2019 - 06:51:50

Tuhan penolongku

0 Answer

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer


nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

Banner Mitra September week 3


7277

Banner Mitra September week 3