Kenali Minat Anak Sejak Dini Yuk! Cukup Lakukan 5 Cara Ini Saja
Sumber: hacos.com.sg

Parenting / 7 June 2018

Kalangan Sendiri

Kenali Minat Anak Sejak Dini Yuk! Cukup Lakukan 5 Cara Ini Saja

Naomii Simbolon Official Writer
1657

Perkembangan seorang anak tentu saja nggak pernah bisa lepas dari yang namanya peranan orang tua. Orang tua perlu banget melihat potensi si kecil sejak dini bahkan mendukungnya.

Setiap anak pastinya memiliki kepintaran dan keunikan yang berbeda-beda. Itu mengapa sebagai orangtua, kita perlu sekali mengenali minat dan bakat si kecil sejaki dini sehingga kita bisa mendukung kepintaran mereka.

Nah, beberapa cara dibawah ini bisa kita coba yuk mom!

1. Lakukan sebanyak mungkin kegiatan yang disenangi si kecil

Pas awal-awal, mungkin kita sebagai orangtua  sulit menemukan apa minat si kecil, itu sebabnya kita harus membiarkan si kecil melakukan apa yang mereka ingin lakukan. Dalam hal itu kita bisa melihat apa yang menjadi minat mereka, dan apa yang perlu dikembangkan dari mereka di usia yang akan datang.

Orangtua bisa mengajaknya untuk pergi berenang mungkin, mewarnai, menggambar, menyanyi, balet, menari, kegiatan fisik atau outdoor khas anak-anak dan lain sebagainya.

2. Perhatikan hal yang paling disukai oleh anak

Dari semua kegiatan yang dilakukan oleh si kecil, cobalah orangtua evaluasi. Perhatikan saat-saat dimana si kecil terlihat bahagia, dan paling semangat saat bereaksi.

Atau mungkin si kecil bisa tahan selama berjam-jam untuk mewarnai gambar, namun bosan pas mendengarkan musik. Nah, dalam hal ini orangtua bisa langsung melakukan observasi dalam jangka tertentu.

3. Komunikasi dengan si kecil

Salah satu kunci untuk mengenali perkembangan anak adalah melalui komunikasi. So, luangkanlah waktumu untuk berkomunikasi dan sesering mungkin berinteraksi dengan si kecil. Tanyakan apa yang mereka sukai, serta apa kesulitan yang mereka hadapi. Biarkan si kecil bercerita agar orangtua mengetahui apa yang disukainya.

4. Jadwalkan latihan yang dia sukai

Kalau misalkan kita sebagai orangtua belum begitu tahu apa itu minat si kecil, nggak masalah. Kadang memang si kecil masih suka melakukan banyak hal yang belum terfokus ke suatu hal.

Nah, makanya orangtua bisa mencoba untuk melatih si kecil secara profesional.

Misalnya, menjadwalkan ekstrakurikuler untuknya, entah itu berenang, atau menari dan menggambar.

Untuk beberapa waktu, lihatlah perkembangan yang paling mencolok darinya. Apa yang paling diminati si kecil akan menunjukkan perkembangan yang lebih cepat daripada yang lain.

5. Jangan terbebani dengan hasil ya mom!

Ingatlah bahwa tugas orang tua hanya membantu si kecil menemukan minat dan bakatnya, bukan utnuk memaksakan apa yang orangtua impikan.

Itu sebabnya, kita perlu menyampaikan kepasa si kecil bahwa apapun yang ingin dia capai, orangtua tetap mendukung.

Kalaupun suatu hari nanti si kecil berubah haluan ke kegiatan lainnya, jangan kecewa ya.

Yang jelas, orangtua harus tetap mengarahkan si kecil sampai dia benar-benar nyaman di satu bidang tertentu.

 

 

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami