Sering Ciut dan Nggak Pede? Yuk Ikuti 3 Tips Ini Untuk Lebih Berani Mengahadapi Tantangan
Sumber: https://www.psychologies.co.uk/sites/def

Single / 7 June 2018

Kalangan Sendiri

Sering Ciut dan Nggak Pede? Yuk Ikuti 3 Tips Ini Untuk Lebih Berani Mengahadapi Tantangan

Inta Official Writer
1907

Pernah nggak sih kita langsung merasa ciut saat menghadapi sesuatu? Terutama ketika kita baru pertama kali melakukan haltersebut. Kalau sudah begini, orang banyak akan langsung menasihati kita untuk menjadi lebih pede alias percaya diri.

Dilansir dari Ted-ed, percaya diri adalah rasa percaya kalau diri kita ini bernilai, bisa, bermanfaat, beberapa orang juga menyebutnya sebagai self-esteem. Kepercayaan diri mendorong kita untuk menjadi pribadi yang jauh lebih optimis, sehingga kita menjadi jauh lebih mudah dalam menjalani tantangan yang ada.

Lantas, darimana kepercayaan diri ini berasal?

Satu, rasa percaya diri bisa timbul secara otomatis dalam diri kita. Ada banyak orang yang percaya kalau kepercayaan diri ada seperti bakat, sehingga mereka sudah terlahir dengan rasa kepercayaan diri yang baik.

Dua, bagaimana kita diperlakukan, termasuk tekanan sosial dari lingkungan sekitar kita. Dan tiga, saat kita punya andil untuk mengendalikan sesuatu. Pada setiap keputusan, resiko dan respon kita kepada tantangan tersebut juga dapat menjadi sumber dimana rasa percaya diri ini berasal.

1. Gambarkan kesuksesan untuk memperoleh rasa percaya diri yang cepat


Pernah merasa sangat nervous karena mendadak harus membawakan sebuah presentasi di kantor? Atau pernah nervous karena harus berhadapan dengan orang-orang baru? Rasa percaya diri bisa timbul saat kita bisa memproyeksikan kesuksesan kita.

Coba deh bayangkan kesuksesan kita kalau presentasi tadi ternyata hasilnya memuaskan. Kita bisa bayangin bagaimana teman-teman dan atasan bakalan ngucapin selamat atas hasil kerja kita. Bayangkan kalau orang yang baru ditemui tadi akan menjadi teman yang sangat baik kedepannya. Dengan cara ini, kita bisa memperoleh rasa kepercayaan diri dalam waktu yang cukup singkat.

2. Percaya pada kemampuan diri sendiri untuk menjadi lebih baik


Setiap pribadi pasti menginginkan menjadi orang yang jauh lebih baik lagi. Hasilnya bukan hanya buat diri sendiri, tapi juga bagi orang lain disekitar kita. Mempercayai bahwa setiap tantangan merupakan cara kita untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik bisa membuat rasa percaya diri kita timbul.

Baca juga: Jangan Cuma Diam! Perangi Isu Negatif, Inilah 4 Cara Untuk Menghadapinya

3. Hadapi setiap kegagalan


Kesuksesan itu tidak terjadi dalam waktu yang instan. Setiap orang akan mengalami kegagalan sebelum akhirnya bisa kita sebut sebagai orang yang sukses. Setiap kegagalan yang kita hadapi akan menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih kuat.

Mereka yang terus menerus mengalami kegagalan tapi tidak pernah menyerah dan berhenti untuk mencoba biasanya akan memiliki sebuah cerita sukses untuk diceritakan. Kegagalan membuat kita mengandalkan Tuhan, gagal juga membuat kita bisa menyusun sebuah strategi baru dan menjadikan kita sebagai pribadi yang mau bertekun.

Ketika kita sudah mencoba, apa pun hasilnya nanti, kita pasti akan memiliki pemahaman, pengetahuan sekaligus pengalaman yang lebih berarti untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Kita adalah ciptaan Tuhan yang sempurna. Jadi apa pun alasan yang membuat kita merasa tidak bisa, ayo mulai percaya pada diri sendiri bahwa kita pasti bisa melewatinya. 

Sumber : ted
Halaman :
1

Ikuti Kami