Niatnya Bikin Tubuh Lebih Bersih, Nyatanya 7 Perilaku Ini Buruk Untuk Kesehatan (Part 1)

Health / 7 June 2018

Kalangan Sendiri

Niatnya Bikin Tubuh Lebih Bersih, Nyatanya 7 Perilaku Ini Buruk Untuk Kesehatan (Part 1)

Inta Official Writer
1703

Kebersihan adalah salah satu hal penting yang harus kita jaga. Bukan hanya membuat tubuh menjadi jauh lebih nyaman, kebersihan juga mengantarkan kita pada kesehatan. Meskipun begitu, tidak jarang kita membersihkan beberapa bagian tubuh ini secara berlebihan atau dengan cara yang salah. Kalau sudah begini, bukannya bersih, kita justru melakukan kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan.

Yuk mulai hidup sehat dengan tidak melakukan 7 kebiasaan berikut.

1.  Langsung sikat gigi setelah makan

Seperti dianjurkan oleh para ahli, baiknya kita menyikat gigi sebanyak dua kali sehari, yaitu saat bangun tidur pada pagi hari dan sebelum tidur pada malam hari. Mengapa? Karena pada dua waktu itu kita sudah atau tidak lagi melakukan aktivitas mengonsumsi makanan.

Menyikat gigi sehabis makan dapat berdampak buruk bagi gigi kita. Alasannya adalah karena setelah makanan di dalam mulut tercampur, maka makanan akan menghasilkan asam, salah satunya adalah asam sitrat.  Ketika kita menggosok gigi tepat setelah makan, asam akan langsung menyerap ke email gigi dan mengikisnya dari dalam. Email yang terkikis membuat dentin menjadi semakin lemah, sehingga gigi menjadi lebih sensitif.

Baca juga: Pagi Hari Bukanlah Waktu Terbaik Untuk Minum Kopi, Lho. Simak Alasannya

2.  Membersihkan telinga dengan cotton bud

Seringkali kita merasa terganggu dengan kebersihan telinga. Saat telinga kotor, kita akan merasakan sedikit gatal pada area lubang telinga. Membersihkan dengan cotton bud adalah solusi yang sering diambil untuk menghilangkan kotoran telinga sekaligus menghilangkan rasa gatal tersebut.

Faktanya cotton bud memang mengangkat sedikit kotoran telinga, tetapi sekaligus mendorong kotoran telinga yang lain menjadi semakin dalam. Kalau dibiarkan terus menerus, lambat laun kita akan mengalami gangguan pendengaran dan merasakan rasa sakit di telinga hingga sensasi telinga berdengung. Bahkan beberapa kasus menjelaskan kalau ada orang yang tidak sengaja menusuk bagian gendang telinga dengan cotton bud.

Brande Plotnick, MS. MBA yang dilansir dari Reader’s Digest menyatakan bahwa telinga tidak perlu dibersihkan. Kotoran telinga biasanya akan keluar dengan sendirinya. Kalau kita masih khawatir telinga kita kotor, alirkan air bersih ke telinga saat mandi untuk membantu kotoran telinga keluar.

3.  Menjadikan hand sanitizer sebagai alternatif dalam membersihkan tangan

Ketika kita merasa tidak sempat atau malas untuk mencuci tangah, hand sanitizer menjadi alternatifnya. Ada banyak orang yang tidak menyadari bahwa hand sanitizer mengandung alkohol dan beberapa senyawa lain yang punya efek buruk pada kesehatan.

Tidak hanya membuat tangan menjadi semakin kering, zat yang terkandung seringkali berisiko meningkatkan resistensi bakteri dan memengaruhi hormon. Alkohol yang terkandung dalamnya juga tidak baik untuk kesehatan, apalagi kalau sampai termakan.

Mencuci tangan merupakan salah satu tindakan yang sangat mudah untuk mencegah penyebaran penyakit karena sering menjadi perantara dari berbagai bakteri untuk masuk ke dalam tubuh. Karenanya, mulai sekarang, yuk jangan malas untuk mencuci bersih tangan dengan air mengalir dan sabun.

Sampai di sini dulu ya. Tiga perilaku lainnya akan dibahas pada artikel selanjutnya..

Sumber : tribunnews
Halaman :
1

Ikuti Kami