Mengubah Gaya Hidup Memang Tidak Mudah. Tapi Kalau Mau Kurus, Ikuti 4 Hal Ini!

Health / 6 June 2018

Kalangan Sendiri

Mengubah Gaya Hidup Memang Tidak Mudah. Tapi Kalau Mau Kurus, Ikuti 4 Hal Ini!

Naomii Simbolon Official Writer
1901

Apakah kamu ingin keliatan sehat? sehat di tahun ini? Apakah kamu merasa cepat lelah, berat badan nambah dan merasa nggak se-ideal dan se-sehat yang seharusnya?

Jika iya, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar kelihatan lebih sehat.

Yang utama adalah melakukan apa yang biasanya dilakukan oleh orang yang sehat.

Terus, apa saja sih yang dilakukan oleh orang sehat, dan apa saja yang tidak mereka sukai?

Yuk, coba pantengin 4 hal dibawah ini, percayalah berat badan kamu akan turun dan lebih berenergi tahun ini. Komitmen ya!

1. Orang sehat itu nggak pernah makan terlalu banyak

Orang Jepang memiliki sebuah pepatah yang berkata "Haru hachi bu" yang berarti makanlah sampai kamu merasa kenyang 80%.

Seperti yang kita ketahui bahwa orang Jepang merupakan salah satu masyarakat yang paling sehat di bumi ini. Mereka makan makanan yang kaya akan sayuran dan protein tanpa lemak, jadi mereka lebih banyak makan ikan dan jarang makan makanan olahan.

Tetapi yang lebih penting yang mungkin kita harus  garis bawahi dari mereka adalah makan dengan porsi yang cukup.

Cobalah untuk melakukan seperti yang mereka lakukan. Jika kamu sudah merasa kenyang 80%, singkirkanlah piring kamu dari meja dan saya yakin bahwa kita akan lebih langsing, dan memiliki banyak energi.

2. Orang sehat nggak akan pernah menganggap bahwa olahraga adalah pilihan

Orang yang sehat biasa memandang olahraga sebagai bagian wajib dan jadwal harian mereka, bukan ketika ada waktu saja. Mereka menyadari bahwa ketika mereka mulai kehilangan jadwal latihan mereka berturut-turut, itu adalah kebiasaan yang nggak sehat, dan mereka sama sekali tidak mau melakukan itu.

Terus, gimana caranya kamu memperlakukan olahraga sebagai sebuah keseharusan?

Pertama, kamu harus bikin jadwal selama seminggu dan patuhi selayaknya kamu harus memenuhi janji yang penting.

Ayo, mulailah dari sekarang!

3. Orang sehat itu nggak merokok

Sejauh yang saya lihat, warga Indonesia masih sangat menyukai rokok. Jika kita berjalan ke sebuah restoran di malam atau siang hari, maka kita akan menemukan orang-orang merokok di pojok tempat sampah bahkan disembarang tempat.

Nah, orang sehat tahu persis bahwa merokok adalah sebuah kebiasaan yang nggak cuma merusak diri sendiri tetapi juga orang lain.

Merokok meningkatkan resiko kanker dan salah satu hal yang pertama sekali dokter ingin hentikan.

Jadi, kalau saat ini kamu merokok, cobalah cari program yang bisa membantu kamu untuk berhenti merokok. Pilihlah waktu sekarang juga untuk memulai berhenti merokok, berkomitmenlah sampai kebiasaan buruk itu menjadi masa lalu bagi kamu.

4. Orang sehat, tidak memakan makanan yang cepat saji, bahkan makanan olahan atau permen

Yap! Tentu saja menyantap burger keju atau hotdog sesekali bukanlah sesuatu yang buruk. Tetapi kamu nggak akan menemukan orang sehat memakan makanan ini setiap saat atau sesering mungkin.

Mereka justru fokus untuk memakan makanan yang alami tanpa di olah seperti buah dan sayuan, protein tanpa lemak, kacang dan biji-bijian.

Mengubah gaya hidup itu memang tidak mudah, tetapi selalu bisa jika kita terus mencoba. Kali ini, cobalah dan berjanji untuk melakukannya. 

Sumber : berbagai sumber/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami