Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
1214


Pernah nggak sih kita merasa kalau ada orang yang kayaknya salah terus dalam pekerjaannya, tapi karirnya melesat dengan pesat? Sementara di sisi lain, ada orang yang merasa jauh lebih berbakat dan bekerja jauh lebih keras, tapi dialah yang seringkali diabaikan oleh atasan.

Saat berada dalam keadaan ini, seringkali kita merasa kalau pekerjaan yang kita geluti ini tidaklah adil. Sehingga seringkali kita mencari pekerjaan lain yang lebih 'adil'. Agar kita bisa menangani dengan cara yang tepat dan tidak buru-buru menyimpulkan kalau perusahaan sudah bersikap tidak adil, penting buat kita untuk memahami 3 hal di bawah ini.

1.  Kenali masalahnya

Kita pasti tahu kalau setiap akibat pasti ada sebabnya. Cari akar masalahnya. Mungkinkah hal ini karena permasalahan pribadi dengan atasan? Atau karena memang kita masih perlu belajar jauh lebih baik lagi untuk bisa diperlakukan dengan lebih baik?

Bisa jadi teman kita memang adalah orang yang sangat mudah mengambil hati orang lain, sementara kita tidak bisa menjalin hubungan yang baik dengan atasan, sehingga atasan memberikan perhatian yang lebih kepadanya.

Ingatlah kalau atasan juga manusia. Penting buat kita untuk membangun sebuah hubungan yang baik dengan atasan. Bukan untuk cari keuntungan, melainkan agar lingkungan pekerjaan kita menjadi lebih nyaman lewat hubungan yang baik dengan rekan satu kantor dan atasan.

2.  Evaluasi diri sendiri

Cobalah pertanyakan kembali pada diri sendiri soal sudut pandang yang kita anggap adil ini. Karena seringkali keadilan ini sangat relatif menurut sudut pandang kita, bahkan tergantung pada pikiran yang sudah kita terima berdasarkan pengalaman.

Ketika kita merasa tidak beruntung atau tidak menang, kita merasa sedang diperlakukan dengan tidak adil. Tetapi kita harus menyadari kalau dunia profesional berarti kita harus siap dengan berbagai kemungkinan kalau ada hal yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Jangan sampai kita merasa kalau lingkungan pekerjaan tidak adil atas kegagalan atau kesalahan kita. Ada baiknya kita mengambil waktu untuk mengevaluasi diri agar bisa melihat pelajaran yang bisa kita ambil dari kejadian tersebut.

3. Meminta pendapat dari orang lain

Saat merasa kalau pekerjaan kita jauh lebih lebih banyak dan berat dibandingkan orang lain. Mungkin saja buat kita hal ini tidak adil, padahal pekerjaan ini dilimpahkan kepada kita karena memang hanya kita yang punya kapasitas yang baik pada pekerjaan tersebut. Kalau sedang berada pada kondisi diatas, ada baiknya kita bertanya pada orang yang tepat.

Coba deh kita cek lagi tentang peraturan dan kebijakan-kebijakan kantor. Orang yang tepat tersebut bisa jadi pihak SDM atau orang-orang yang sudah memiliki pengalaman bekerja di perusahaan kita jauh lebih lama.

Sebelum kita buru-buru menyimpulkan kalau perusahaan tidak adil sehingga pengin pindah saat itu juga, coba deh renungkan kembali poin-poin di atas. Jadilah pribadi yang terbuka pada segala kemungkinan. Jangan cepat-cepat menyerah dengan keadaan ini, bisa jadi kesempatan ini merupakan cara Tuhan untuk menambah pengalaman kita, sehingga nantinya kita bisa mendapatkan ilmu yang lebih bermanfaat.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Thimoty Kevin 24 March 2019 - 10:25:08

3janji yang akan siberikan kepada org yg beriman .. more..

0 Answer

Sarah Pillay 24 March 2019 - 09:07:29

Visi dan mimpi

0 Answer

Maris Rambu 22 March 2019 - 22:32:54

Pandangan etika kristen perceraian dan pernikahan .. more..

0 Answer


Kalvin Kristianto 24 March 2019 - 06:35:58
Shaloom, Minta doa-doanya saudara sekalian, terunt... more..

Leonardo Leo 15 March 2019 - 09:48:08
Mohon bantuan doanya agar setiap usaha untuk melun... more..

Dian Parluhutan 9 March 2019 - 11:10:41
shalom Semua, mohon doa untuk terobosan Tuhan su... more..

2 March 2019 - 16:26:58
Mohon doanya agar Tuhan memberikan hati yang lebih... more..

Banner Mitra Week 4


7247

advertise with us