Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
5065


Apakah kamu berpikir kalau memasak sendiri lebih sehat daripada makan makanan restoran, atau bahkan saat makanan itu adalah sisa? Sisa makanan semalam tentu saja bisa dikonsumsi jika dengan cara yang benar, sebaliknya akan berakibat fatal jika dikonsumsi dengan cara yang salah.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Mari menyelidikinya!  

Ternyata, kebiasaan sebagian orang yang memilih menghemat waktu dengan memasak makanan dalam porsi besar, seperti saat momen makan siang dan malam keluarga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Pastinya, kita akan mendapati makanan bersisa dan daripada membuang makanan tersebut, lebih baik disimpan untuk kembali disantap pada keesokan harinya. Makanan ini memang bisa dikonsumsi jika sesuai dengan masa ketahanan makanan. Sebaliknya, makanan sisa yangdikonsumsi kembali setelah melebihi masa ketahanan justru hanya menimbulkan beberapa penyakit.

Melalui artikel ini, kita akan membahas jenis-jenis penyakit yang terjadi dan cara aman mengkonsumsi makanan sisa semalam dengan benar. Simak uraiannya berikut ini.

1. Keracunan makanan

Berdasarkan hasil studi, bakteri dalam makanan biasanya tumbuh dalam suhu antara 10-140 F. Jika kamu mengkonsumsi makanan sisa yang tidak didinginkan dalam waktu dua jam setelah dimasak, kemungkinan kamu akan mengalami keracunan makanan yang berasal dari bakteri yang tumbuh di sekitar makanan.

2. Gangguan pencernaan

Bakteri makanan bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Selain itu, bakteri yang tumbuh di sekitar makanan bisa menyebabkan makanan mengalami proses fermentasi yang akan mempengaruhi proses pencernaan. Hal inilah yang biasanya menimbulkan rasa sakit atau mulas di perut setelah memakan makanan sisa.

3. Asam lambung

Apakah kamu menderita asam lambung? Kebiasaan makan makanan sisa semalam bisa menjadi penyebabnya. Asam lambung menjadi keluhan terbanyak masyarakat pada umumnya. Namun masih banyak yang belum menyadari bahwa penyebabnya adalah pola makan yang salah.

Baca Juga:

6 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dipanaskan Ulang

Ini Bahaya Pakai Wadah Plastik Panaskan Makanan di Microwave, Yuk Jangan Dibiasakan Ya!

4. Muntah-muntah

Tak peduli seberapa segar makanan kelihatannya, karena mungkin saja makanan sisa sudah ditumbuhi bakteri. Saat kamu masih mengkonsumsi makanan berbakteri ini, maka akan terjadi proses yang tidak baik dalam lambung. Akibatnya kamu akan mengalami muntah-muntah karena keracunan makanan.

5. Diare dan nyeri perut

Salah satu masalah kesehatan umum akibat makan makanan sisa adalah diare dan nyeri perut. Bakteri yang tumbuh dalam makanan berubah menjadi racun, sehingga saat makanan masuk ke dalam lambung, perut penuh dengan gas dan menyebabkan kontraksi usus. Untuk itu, hindari makanan yang dipanaskan dan ganti makanan sisa dengan hidangan yang baru dimasak.

6. Demam ringan

Infeksi bakteri dalam makanan bisa menyebabkan demam ringan dan lemas. Kalau kamu mengalami salah satu gejala ini, akan lebih baik segera berkonsultasi dengan dokter.

Jangan pertaruhkan kesehatanmu hanya demi menghabiskan makanan sisa semalam. Salah satu cara untuk mencegah kelebihan makanan yang sayang dibuang adalah dengan memasak makanan secukupnya. Atau kalau kamu memang kebetulan beli makanan di luar, habiskanlah makanan tersebut tanpa menyisihkannya untuk esok.

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com/ls

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

dwi sinjal 17 October 2018 - 10:20:40

Apakah seseorang yang belum mempunyai title sebaga.. more..

0 Answer

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer

Andayan Lintin 14 October 2018 - 13:23:37

Kenapa ada siang dan malam

1 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7271

advertise with us