Israel Larang Turis WNI Masuk ke Wilayahnya
Sumber: aljazeera.com

Internasional / 31 May 2018

Kalangan Sendiri

Israel Larang Turis WNI Masuk ke Wilayahnya

bagusp Official Writer
2595

Jawaban com - Baru-baru ini Israel mengeluarkan aturan baru yang akan mempengaruhi seluruh turis dari Indonesia yang akan berkunjung ke Israel. Aturan baru tersebut adalah melarang seluruh turis berpaspor warga negara Indonesia ( WNI ) masuk ke wilayah Israel.

Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Israel Emmanuel Nahshon seperti dilansir oleh The Middle East Monitor, menyatakan bahwa kebijakan ini dibuat agar Indonesia membatalkan keputusan penundaan visa bagi orang Israel.

Sayangnya gertakan tersebut gagal dan akhirnya mereka tetap menerapkan larangan bagi para WNI.

Hal ini bermula saat Indonesia mengutuk secara tegas aksi brutal tentara Israel terhadap para pendemo Palestina dalam peristiwa peringatan 70 tahun Hari Nakba ( Bencana ) di perbatasan jalur Gaza. Nakba adalah ketika hampir satu juta orang palestina dipaksa keluar dari rumah mereka untuk membuka jalan bagi terciptanya negara Israel saat negara Bintang Daud itu memenangkan perang di tahun 1948.

Informasi larangan tersebut berasal dari surat edaran kementerian Luar Negeri Israel, dan disebutkan bahwa wisatawan yang akan masuk sebelum tanggal 9 Juni 2018 akan diperlakukan seperti biasa, yakni disetujui, namun jika masuk sesudah tanggal tersebut akan ditolak.

Meskipun Indonesia dan Israel tidak mempunyai hubungan diplomatik , namun kedua negara sudah menjalin hubungan kerjasama dalam bidang ekonomi. Orang Israel bisa masuk ke Indonesia dengan visa sementara atau visa bisnis.

Masjid Al Aqsa juga menjadi destinasi wisata religi bagi umat muslim. Setiap tahunnya ribuan umat muslim dari Indonesia mengunjungi masjid tersebut dengan visa khusus.

Bahkan di tahun 2015 Kementrian Ekonomi Israel melaporkan bahwa perdagangan antar kedua negara, Israel – Indonesia telah mengalami peningkatan yang signifikan sebesar USD 500 juta per tahun. Beberapa produk Indonesia yang di ekspor antara lain adalah plastik, kayu, minyak sawit, tekstil dan juga batu bara.

Kita berharap bahwa hubungan antara RI – Israel kembali harmonis sehingga turis dari kedua negara bisa kembali sama-sama berkunjung dengan bebas.


sumber : liputan6/jawaban.com


Halaman :
1

Ikuti Kami