Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
447


Kalau media sosial saja bisa memberi pengaruh pada sikap kita, bagaimana dengan orang-orang lain disekitar kita? Orang disekeliling kita punya peran yang cukup besar terhadap kehidupan kita. Kita akan menjadi pribadi yang jauh lebih baik jika lingkungan sekitar juga memberi pengaruh demikian.

Sayangnya, orang yang ada disekitar kita tidak selalu memberikan dampak positif bagi diri kita pribadi. Kita tidak bisa mengatur dengan siapa kita akan bertemu, tapi setidaknya, kalau sudah bertemu dengan tipe-tipe orang dibawah ini, kita harus bisa membatasi diri agar tidak terpengaruh pada hal-hal yang negatif.

Mereka yang memberi pengaruh negatif ini seringkali disebut sebagai toxic people, yang ketika kita bertemu atau berurusan dengannya, kita harus siap untuk menguras energi dan emosi.

Nah dibawah ini adalah beberapa jenis teman yang tergolong dalam toxic people tersebut.

1.  Tukang ngeluh

Tipe orang seperti ini selalu sukses merasa bahwa dirinya merupakan orang yang layak untuk dikasihani. Setiap kejadian yang menimpa dirinya akan dijadikannya sebagai sebuah beban atau masalah yang harus diceritakan kepada orang banyak.

Mengeluh sebenarnya boleh saja kok. Tapi ingat kalau tujuan mengeluh adalah untuk mendapatkan solusi. Kalau orang tersebut terus menerus mengeluh tanpa berujung solusi, ada baiknya kita mulai sedikit menjaga jarak dengannya.

2 .Tipe pesimis

Kalah sebelum bertanding adalah kata yang tepat buat mereka yang masuk dalam tipe ini. Ornag-orang ini tetap bertahan di zona nyamannya karena takut akan resiko yang akan dihadapi ketika keluar dari zona nyaman tersebut.

Kita tidak pernah tahu apa kesempatan yang ada dihadapan kita. Cara untuk menjemput kesempatan tersebut adalah dengan berani mencoba hal baru dan bersikap optimis. Orang dengan tipe ini tidak akan memberi kita dorongan untuk maju dalam kehidupan kita.

Baca juga: Oversharing Salah Nggak Sih? Berikut Adalah 5 Alasan Mengapa Orang melakukannya (Part 1)

3.  Penggosip

Pernah tidak kita mendengar ada orang yang manis di depan kita, sementara keesokan harinya ia membicarakan hal buruk tentang kita pada orang lain? Mereka adalah orang yang suka menyenangkan orang lain.

Sehingga kita perlu berhati-hati saat bicara kepadanya karena biasanya mereka tidak akan segan mengubah informasi demi tujuan dan kepentingannya tersendiri. Kalau kita terlalu larut kepadanya, kita akan ikut terpengaruh dengan membicarakan orang lain. Bukankah tidak seharusnya kita menilai orang lain berdasarkan apa yang kita lihat saja?

4.  Si 'Yes, Man!'

Kalau dilihat dari luar memang tipe jenis ini nampak responsif karena langsung meng'iya'kan setiap tugas dari atasan. Sayangnya, kata 'ya' tadi tidak berbanding lurus dengan kinerjanya. Ia melakukan banyak hal baik hanya agar nampak baik di depan atasan.

Kalau kita berada dengan orang-orang seperti ini, ada baiknya untuk menegurnya dan mencoba untuk mengatakan padanya agar bisa bertanggung jawab terhadap pekerjaannya, sehingga tidak ada orang lain yang akan direpotkan atas keputusannya tersebut.

Ada baiknya kita bisa menjaga hati dan pikiran ketika bekerja. Mulai sekarang, ayo belajar untuk membawa diri dalam pergaulan dengan orang-orang yang membawa kita menjadi pribadi yang lebih baik. Ayo jadi bijak dalam berinteraksi dengan orang-orang di sekitar kita.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer

Andayan Lintin 14 October 2018 - 13:23:37

Kenapa ada siang dan malam

1 Answer

ceven lodiko 14 October 2018 - 09:31:31

Gms

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7269

Konselor