Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
560


Tuhan menciptakan setiap orang dengan beragam keunikan yang dimilikinya. Terkadang, keunikan yang dimiliki oleh masing-masing orang ini tidak mudah untuk diterima oleh kita, terutama kalau sudah berkenaan dengan perbedaan.

Kalau dengan teman saja kita sering cek-cok karena beda menyikapi suatu hal, bagaimana dengan pasangan? Pernahkah merasa kalau pasangan punya kepribadian dan cara pandang yang sangat berbeda dengan kita?

Misalnya dia menyukai kopi, sementara kita suka es teh manis. Kebiasaannya adalah untuk pergi bersama teman-teman, sementara kita lebih suka membaca dirumah atau pergi memancing. Perbedaan kepribadian ini lambat laun membuat adanya jarak antara kita, bahkan berpikir kalau pasangan tidak lagi bisa mengerti kita.

Baca juga: Saling Melengkapi, Ini 4 Alasan Pasangan Introvert-Ekstrovert Akan Jadi Orangtua Terbaik

Seperti layaknya sebuah masakan yang diperlukan beragam komposisi untuk menjadikannya sebuah masakan yang lezat, pernikahan pun demikian. Cara pandang, kepribadian dan sikap yang selalu sama seringkali membuat masakan kita menjadi hambar.

Meskipun memberikan rasa yang nikmat pada pasangan, kita harus menerima beragam tantangan untuk akhirnya bisa menerima perbedaan tersebut. Dibawah ini adalah keuntungan yang kita dapatkan saat memiliki banyak perbedaan antara pasangan dan kita.

1. Menjadi jauh lebih memahami satu dengan yang lain

Tuhan menciptakan manusia untuk memiliki kerinduan untuk diakui dan dikenal secara mendalam. Pernikahan tahun-tahun pertama akan sangat membutuhkan pengertian dalam mengenal satu sama lain.

Menurut orang dulu, menikah ibarat membeli kucing dalam karung. Meski kita sudah mengalami masa pacaran, kita tidak pernah benar-benar mengetahui sifat pasangan sampai akhirnya berada dan tinggal dalam satu atap.

Kita perlu belajar mengenai satu sama lain, dan hal ini dilakukan bukan hanya satu atau dua tahun, tetapi selamanya. Tanpa sadar, proses belajar memahami perbedaan dan mengenali pasangan ini membuat kita punya hubungan yang jauh lebih intim dengan pasangan.

2. Menjadikan pernikahan jauh lebih bernilai

Kejadian 1:27, "Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambarNya, menurut gambar Allah diciptakanNya dia; laki-laki dan perempuan diciptakanNya mereka." Ayat diatas menjelaskan bahwa baik kita dan pasangan diciptakan sesuai dengan gambar dan rupa Tuhan.

Dalam Mazmur 139:14 versi Inggris, kita diciptakan dengan 'fearfully and wonderfully made.' Meskipun seringkali kita merasa terganggu dengan sikap dan perbedaan yang ada dalam diri pasangan, kita harus bisa mensyukuri karya perbuatan Tuhan di dalam diri pasangan.

Manakah sikap yang paling kita senangi dari pasangan? Bisakah kita melihat nilai yang ada pada kepribadian pasangan yang seringkali membuat kita tidak nyaman?

Baca juga: Pilih Karir Atau Keluarga? keduanya saja! Yuk Lakukan 3 Hal Ini

3.  Perbedaan melengkapi kehidupan pernikahan

Fokus terhadap kelebihan pasangan adalah sebuah berkat baik bagi kita maupun pasangan. Contohnya ketika kita punya pasangan yang seorang ekstrovert, ia akan mendapatkan energi saat dirinya berada ditengah-tengah banyak orang.

Bukankah hal ini dapat menjadi sebuah keuntungan tersendiri pada kehidupan pernikahan kita? Ia akan menemukan banyak orang, teman dan lingkungan yang mau peduli terhadap kehidupan pernikahan kita. Nilai yang ada dalam perbedaan tersebut dapat kita jadikan wadah untuk mendekatkan diri dengan pasangan jauh lebih dalam.

Perbedaan memang adalah sebuah tantangan, sekaligus hal yang dapat membuat kita dan pasangan semakin dekat. Kasih dan karya Tuhan ada pada kita dan pasangan, karenanya kita harus bisa menjadikan perbedaan ini menjadi berkat yang diberi Tuhan untuk mewarnai kehidupan pernikahan kita. 

Sumber : focusonfamily

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

antonia anton 14 December 2018 - 16:16:46

stress

1 Answer

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer


chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Banner Mitra Week 2


7227

Superyouth