Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
504


Kalian pasangan baru menikah? Baru pindahan rumah dan belum punya planning pilih gereja yang harus dikunjungi? Masalah makin kompleks saat kamu dan pasangan berbeda denominasi gereja. Kalau kondisinya begini kira-kira apa yang akan kalian lakuin?

Waktu kalian sudah jadi sepasang suami istri, itu artinya setiap keputusan dan pilihan harus dirembukkan atau harus diambil dari kesepakatan bersama. Karena itulah yang dimaksud dalam Alkitab bahwa suami istri itu sudah menjadi ‘satu’ dan bukan ‘dua’ lagi.

Gereja jadi salah satu pilihan terpenting bagi pasangan Kristen apalagi setelah sudah punya anak. Karena mereka ingin supaya anak-anaknya dibesarkan dalam pandangan dan tradisi iman yang tepat. Perbedaan pendapat soal gereja mana yang harus dihadiri jadi lebih sengit, apalagi dalam hal tata cara ibadah suatu gereja.

Ada beberapa pasangan yang lebih memilih aliran gereja sebagaimana mereka dibesarkan. Atau ada juga yang memilih sebaliknya, menghindari pengalaman religius yang kurang bahagia di masa kecil dan memilih untuk mencari gereja yang membuat mereka mengalami pertumbuhan yang lebih baik.

Supaya masalah gereja tidak jadi konflik atau masalah berkepanjangan, pasangan sebaiknya menerapkan prinsip ini.

1. Suami punya peran kepemimpinan rohani yang lebih besar

Secara umum, standar alkitabiah adalah suami punya tanggung jawab untuk memimpin secara rohani di rumah. Kapan pun itu, sang istri harus menghormati dan mengikuti kepemimpinan suaminya. Suami juga harus mengasihi istri ‘sebagaimana Yesus mengasihi jemaat dan menyerahkan dirinya untuk mereka’ (Efesus 5: 25). Dia punya tugas besar untuk tidak mengabaikan kebutuhan dan perasaan istri.

Kalau seorang suami membawa istri dan keluarganya kepada gereja atau praktik yang sesat, tentu saja istri berhak menolak pilihan itu. Istrilah yang berfungsi untuk menilai dan memberi masukan kepada pilihan suami.

2. Jadikan hubunganmu sebagai prioritas utama    

Tuhan tentu tak menghendaki kalau pasangan suami istri berselisih paham hanya gara-gara pilihan gereja. Cobalah berkompromi dengan cara yang baik bersama-sama. Mungkin kalian bisa membuat daftar gereja mana yang harus kalian pilih lalu mulai diskusikan bersama. Hal utama yang harus kalian perhatikan saat memilih sebuah gereja adalah apakah gereja itu akan memberikan pertumbuhan rohani kepada kalian dan anak-anak kalian? Jika ya, itu adalah pilihan yang tepat!

Ingatlah bahwa saat kalian sama-sama mencari kehendak Tuhan, dengan semangat yang tidak egois, maka hubungan kaian akan semakin diperkuat. Percayalah kalau Tuhan sendiri akan menuntun kalian kepada solusi yang terbaik.

Baca Juga : Salah Gak Kalau Suami Istri Kristen Pergi ke Gereja yang Berbeda? Ini Kata Alkitab…

3. Carilah solusi lain yang lebih kreatif

Kalian bisa mencoba pendekatan ‘mix and match’. Banyak gereja menyediakan layanan tradisional dan kontemporer. Beberapa pasangan menghadiri pertemuan kontemporer (seperti ibadah gereja karismatik), tapi juga kadang mengikuti ibadah Minggu di gereja tradisional.

Saat suami istri menganut aliran gereja yang berbeda, kadang mereka akan memutuskan untuk menghadiri gereja yang berbeda. Tapi, hal ini jarangs ekali jadi solusi jangka panjang yang positif. Karena sebagai keluarga mereka pasti akan kehilangan kebersamaan saat menyembah Tuhan.

Karena itulah, tak sedikit dari pasangan seperti ini memilih untuk menyelesaikan perbedaan dengan mengorbankan sesuatu yang penting bagi salah satu pihak. Jelas hal ini bukanlah keputusan yang Tuhan mau dari mereka. Alkitab berkata kalau orang Kristen tak boleh meninggalkan persekutuan dengan orang percaya lainnya (Ibrani 10: 25).

Kalau kalian memang sedang menghadapi jalan buntu dalam hal ini, jangan putus asa. Tetaplah berdoa dan meminta jalan keluar yang tepat dari Tuhan. Tanyakan dirimu kenapa kamu sulit sekali mendapat kesepakatan dengan pasanganmu. Kalau perlu tanganilah masalah dengan dengan konseling pernikahan.

Kebanyakan pasangan, yang dengan sungguh-sungguh ingin menyenangkan hati Tuhan pasti akan lebih mudah menemukan solusi untuk memilih gereja yang tepat bagi keluarga mereka. Hanya andalkanlah Tuhan dan matikan keegoisan yang ada pada dirimu.

Sumber : Focusonthefamily.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Owen 19 August 2018 - 12:31:02

Nats Alkitab yang bercerita tentang rapat

1 Answer

Devon ryanto 19 August 2018 - 12:22:57

Cara menang dari dosa pornografi?

1 Answer

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

1 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week  3


7193

Gempa Lombok