Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
457


Joas Adiprasetya merupakan seorang pendeta jemaat GKI Pondok Indah. Menjadi salah satu speaker dalam acara Imago Creative Conference, Joas menyatakan kalau terlepas dari banyaknya perubahan yang kita alami seiring berkembangnya teknologi, kita juga jadi lebih dekat dengan kuasa dosa.

Perkembangan teknologi tidak berbanding lurus dengan peradaban. Orang masih sangat primitive. Peradaban belum tentu berbanding lurus dengan kemajuan teknologi. Kebencian tetap muncul dari masing-masing pribadi. Orang bisa menjadi begitu kaya, namun masih sangat self-centered yang sangat mementingkan kepentingan pribadinya,” terang Joas yang juga adalah seorang dosen di STT jakarta.

Baca juga: Imago 2018 – Exponential Dalam Satu Orang Satu Kota, Kobarkan Semangat Pelayananmu!

Untuk menangani hal-hal semacam diatas, kita perlu meregenerasi kepemimpinan, dimana habituasi merupakan kunci utama bagi hal ini. "Kalau kita memiliki visi untuk menjadi gereja yang mejadi berkat bagi Indonesia, maka kita harus punya pemimpin yang luar biasa. Kebiasaan kita mengantarkan kita menjadi siapa kita sekarang," jelasnya Joas hari sabtu, 26 Mei 2018 kemarin.

Pada kesempatannya tersebut, Joas membagikan tiga model kepemimpinan gereja.

Model pertama dimana kita bisa melihat sebuah kepemimpinan model piramida dengan kerucut ke atas. Model yang disebut sebagai model kepemimpinan kyriarki ini menandakan bahwa kepemimpinan yang dimiliki oleh gereja adalah kepemimpinan tuan.

Model dua digambarkan dengan segitiga dengan kerucut dibawah. Model ini disebut sebagai doularki. Kepemimpinan jenis ini merupakan kepemimpinan hamba.

"Krisis kepemimpinan umat Kristiani masa kini adalah mereka yang seringkali mengaku sebagai hamba, sementara ingin diperlakukan sebagai tuan," kata Joas.

Menurutnya, model yang paling mendekati dengan kepemimpinan gereja seharusnya adalah sebagaimana kepemimpinan ini diajarkan oleh Kristus.

Baca juga: Imago 2018 - Tentang Dunia Digital, Inilah Pengertian DIGITAL Bagi Bos Astra Ini

Model terakhir ini disebut sebagai model filiarki, digambarkan dengan bentuk lingkaran. Kepemimpinan jenis ini merupakan kepemimpinan yang paling ideal untuk gereja, sebab kepemimpinan ini didasarkan oleh persahabatan.

"Pemimpin gereja dikatakan gagal saat mulai melihat kalau jemaatnya tidak lagi butuh dilayani, tetapi akan berhasil saat menjadi sahabat bagi mereka," terangnya.

"Yesus minta kita untuk menggembalakan domba-dombaNya. Ketika kita mendalami arti gembala, maka tidak akan ada orang yang akan mengenali kita, kita harus melakukannya terus menerus, setiap hari tanpa jeda dan harus berani kotor,"

"Kita tidak lagi membutuhkan orang yang berani mati untuk Tuhan, tetapi kita membutuhkan orang-orang yang mau hidup untuk Tuhan. Anak muda bukanlah pemimpin muda di masa depan, melainkan pemimpin di masa kini," tutupnya.

Sumber : imago

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ganda Doloksaribu 21 June 2018 - 10:46:42

Apakah semua manusia pasti mati?

0 Answer

Nehemia 18 June 2018 - 21:20:15

Cara mempertahankan hubungan

0 Answer

Ajat Rukajat 17 June 2018 - 03:30:11

bagaimana agar motivasi menjadi penulis novel teta.. more..

0 Answer


MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Grace Natalia 2 June 2018 - 18:51:31
Shalom saya grace Saya mohon didoakan untuk diberi... more..

Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Banner Mitra Week  3


7440

advertise with us