Dituduh Rendahkan Kaum Perempuan, Pendeta Terkemuka Amerika Ini Terpaksa Lepaskan Jabatan
Sumber: Christian Daily

Internasional / 24 May 2018

Kalangan Sendiri

Dituduh Rendahkan Kaum Perempuan, Pendeta Terkemuka Amerika Ini Terpaksa Lepaskan Jabatan

Lori Official Writer
2614

Salah satu pendeta terkemuka Amerika, Paige Patterson terpaksa mundur dari jabatannya sebagai pemimpin Seminari Teologi Baptis Southwestern karena tuduhan pelecehan terhadap perempuan. Dia terdesak setelah sekelompok perempuan mengecam ucapannya yang dinilai tidak menghormati kaum perempuan.

Karena tuduhan tersebut, para wali seminari pun melakukan diskusi selama 13 jam dan mengambil keputusan untuk menghentikan sementara Patterson dari jabatannya. Untuk mengisi kekosongan posisi, para wali seminari menunjukkan pengganti sementara yaitu dekan seminari sekolah teologi D Jeffrey Bingham.

Seperti dikutip dari Washington Post, Patterson disebutkan pernah menyampaikan kepada seorang perempuan untuk tidak melaporkan kasus pemerkosaan yang dialaminya kepada polisi. Dia juga menyuruh untuk memaafkan pelaku. Kejadian ini disampaikan ketika dia sudah menjabat sebagai pemimpin Seminari Teologi Baptis Southwestern. Selain itu, pada tahun 2000 dan 2004 silam, dia juga pernah berkomentar tentang sosok gadis remaja yang ideal dan mengeluarkan opini bahwa perempuan harus lebih bekerja keras supaya terlihat menarik. Bagi kaum perempuan, tindakan tersebut dianggap sebagai seksis dan merendahkan kaum perempuan.

Akibatnya ribuan perempuan melakukan protes untuk melengserkan Patterson dari jabatannya di seminari. Mereka juga mengutuk keras pandangan dan kepemimpinannya yang dianggap tidak alkitabiah. Mereka juga membuat petisi yang ditandatangani oleh ribuan perempuan yang mendukung pemecatan Patterson.

“Keputusan dewan bersifat substantif dan simbolis. Dengan rahmat Tuhan, sejarah akan melihat kembali kepemimpinan pria dan wanita ini sebagai titik awal untuk pertobatan bersama untuk menyembuhkan wanita yang terluka di tengah-tengah kita,” ucap Karen Swallow Prior, seorang profesor Universitas Liberty dan sebagai salah satu penandatangan petisi.

Sementara kelompok yang mendukung Patterson menilai bahwa pemecatan yang dialamatkan kepada Patterson merupakan bentuk penindasan di tengah tekanan dan tuduhan yang datang dari luar.

“Jika ada ketidakhormatan yang diarahkan kepada Paige Patterson oleh dewan Seminari Southwestern, itu akan menyebabkan luka yang dalam dan mneyedihkan di tubuh Southwestern Baptist, yang aku kuatirkan akan memakan waktu yang lama untuk menyembuhkannya,” tulis Richard Land, ketua Seminari Evangelical Southern dan mantan ketua SBC Ethics and Religious Liberty Commission.

Baca Juga :

Gereja Willow Creek Minta Maaf dan Akan Selidiki Lagi Tuduhan Pelecehan Oleh Bill Hybels

3 Pendeta Jadi Pelaku Pelecehan Seksual, Inilah Nasib Pendeta Yang Terlibat

Kita berharap bahwa apapun masalahnya, kasus ini tidak dimanfaatkan untuk tujuan sekelompok orang tertentu demi persaingan jabatan. Dan kasus ini bisa mengingatkan kita bahwa sebagai seorang pekerja di lembaga pelayanan, kita harusnya menunjukkan teladan yang benar baik lewat perkataan dan tindakan kita. 

Sumber : Christiantoday.com/Christianitytoday.com
Halaman :
1

Ikuti Kami