Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
823


Perilaku anak diwariskan dari orang tuanya. Kebanyakan sih begitu! Kalau dari rumah saja anak nggak dididik menjadi pribadi yang memiliki karakter dan perilaku yang baik, maka jangan heran kalau mereka akan berubah justru bisa jadi pembuat masalah di luar rumah.

Di tengah jaman yang semakin jahat ini, kemudahan akses internet yang beri contoh-contoh tak baik ke anak, inilah saatnya orang tua mulai bergerak untuk membangun generasi yang berperilaku benar dan cinta damai di tengah masyarakat.

Ajarkanlah empat hal ini ke anak di rumah.

1. Jadilah teladan yang baik bagi mereka lebih dulu

Orang tua dianggap gagal kalau anak-anak mereka tumbuh besar dengan perilaku yang buruk; suka bikin ulah dan benar-benar tak kenal siapa itu Tuhan. Hal ini bisa saja terjadi karena pola asuh orang tua yang salah. Ada yang mungkin sudah berusaha keras membimbing anak-anaknya namun dengan cara yang keras. Tapi ada juga orang tua yang gagal karena tak memberikan contoh teladan yang benar lebih dulu kepada anak.

Orang tua harus bisa jadi pribadi yang transparan di depan anak. Cara ini bisa dilakukan misalnya dalam hal ketika orang tua berdebat, mulailah untuk menyelesaikan masalah di depan anak-anak dengan cara yang tepat. Tindakan ini mengajarkan mereka untuk bisa menyelesaikan masalah dengan hati dan pikiran yang tenang.

2. Sampaikan tentang kebenaran firman Tuhan

Dalam banyak konflik, anak-anak sama sekali tak bisa membedakan mana yang benar dan salah. Kita perlu mengajarkan mereka standar kebenaran Tuhan, khususnya bagaimana orang Kristen diajarkan tentang saling mengasihi satu sama lain.

Ajarlah anak supaya mengaku kesalahan saat berbuat salah kepada orang lain. Atau ketika disakiti oleh orang lain, ajar mereka untuk mengampuni dengan kasih.

3. Ajarkan anak sebagai pribadi penengah di tengah konflik

Supaya anka bisa menjadi pribadi yang cinta damai, ajarkan anak untuk berdiri sebagai penengah dalam setiap konflik yang mereka hadapi. Ingatkan anak untuk bisa mengontrol diri dan berlaku bijak dalam segala perilaku dan tindakannya.

Hal ini membentuk mereka menjadi pribadi yang bisa memperlakukan orang lain sebagaimana mereka akan diperlakukan.

4. Bentuklah hati mereka dengan kasih Tuhan

Bukan hanya mengingatkan supaya anak berperilaku baik dan benar. Tapi ajarkanlah anak untuk meneladani pribadi Yesus. Buat anak mengerti bahwa Tuhan sendiri adalah pribadi yang suci dan kudus karena itulah Dia sangat membenci dosa.

Orang tua tak hanya bertanggung jawab untuk mengajarkan kebaikan dan bertindak adil kepada orang lain. Tapi orang tua juga harus membantu anka untuk memahami hati mereka sendiri. “Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu?” (Yakobus 4: 1)

Tak seorang pun yang bisa menjadi pembawa damai dengan kekuatan kita sendiri. Kita perlu menghidupi kasih Tuhan di dalam diri kita. Kita butuh Dia untuk mengubah hati kita sebelum kita bisa benar-benar mengasihi orang lain. Begitu pula dengan anak-anak kita. Mari bantu mereka untuk tumbuh menjadi pribadi pembawa damai melalui pemahaman akan firman Tuhan. “Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya.” (Roma 13: 14)

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

dwi sinjal 17 October 2018 - 10:20:40

Apakah seseorang yang belum mempunyai title sebaga.. more..

0 Answer

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer

Andayan Lintin 14 October 2018 - 13:23:37

Kenapa ada siang dan malam

1 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7270

Konselor