Imago 2018 - Dalam Sektor Bisnis, Inilah 3 Pengaruh Teknologi Untuk Sukseskan Usaha
Sumber: https://startupnation.com/wp-content/upl

Finance / 23 May 2018

Kalangan Sendiri

Imago 2018 - Dalam Sektor Bisnis, Inilah 3 Pengaruh Teknologi Untuk Sukseskan Usaha

Inta Official Writer
2688

Kemajuan teknologi yang sangat pesat tanpa kita sadari sangat mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan kita. Contohnya aspek pekerjaan, teknologi membuka kesempatan bagi setiap orang yang tertarik dalam dunia teknologi untuk ikut terjun langsung mendalami usaha yang sedang digarap.

Pun tentang dunia bisnis, hanya dalam waktu yang singkat, kita bisa mendapatkan jutaan dollar aset digital. Inovasi yang terasa tidak ada habisnya membuat kita harus bisa mengikuti perkembangan ini. Berikut adalah dampak positif dari perkembangan teknologi.

1. Teknologi dapat menurunkan biaya produksi

Meskipun pada umumnya hal ini tidak bisa diterapkan oleh semua usaha, namun bisnis yang bergerak dalam bidang perakitan, peran teknologi dapat meningkatkan kapasitas produksi dengan zero defect atau minim resiko kerusakan.

Tentu saja hal ini juga berarti perusahaan harus berani berinvestasi pada jumlah yang cukup besar untuk perangkat teknologi yang digunakan. Kendati demikian, meningkatnya pengolahan bahan secara efektif dan efisien lewat majunya teknologi dapat memangkas ongkos produksi yang sangat besar.

Baca juga: Buat Pertama Kalinya, Pemerintah Jual Surat Utang Negara Via Online. Cocok Buat Milenials!

2. Meningkatkan jangkauan promosi

Teknologi informasi dapat menjadi sebuah wadah yang kita pakai guna menjangkau khalayak yang lebih luas. Selain cakupan wilayah yang luas, promosi online yang merupakan hasil dari perkembangan teknologi informasi dinilai jauh lebih murah dibandingkan promosi secara konvensional.

Jika dulu branding merupakan tantangan bagi setiap bisnis karena harus mengeluarkan uang dengan jumlah yang cukup banyak, kini sudah tidak lagi begitu. Bahkan, kita bisa melihat ada banyak ibu rumah tangga yang sukses berbisnis online hanya dengan modal handphone yang terkoneksi pada internet, bukan?

3.  Menurunkan modal usaha

Berapakah jumlah uang yang perlu kita keluarkan jika menginginkan usaha kita terdisplay di dalam sebuah mall besar? Tentulah uangnya berjumlah tidak sedikit. Perkembangan teknologi memungkinkan kita membesarkan bisnis melalui mall online alias e-commerce tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat seperti ini, kita sebagai pelaku usaha bisa ikut andil menjadi tulang punggung bisnis Indonesia. Teknologi membuat kita harus terus meningkatkan kapasitas yang ada dalam diri kita.

Baca juga: Ikutin Trend Dengan Jualan Online, 4 Hal Ini Adalah Kunci Suksesnya

Sebab jika tidak, segala yang ada dalam kita akan tergerus oleh zaman. Terlebih jika kita mulai bicara mengenai sektor usaha. Masih ingatkah kita bagaimana perusahaan Nokia atau Yahoo yang merupakan perusahaan raksasa runtuh dalam waktu singkat hanya karena mereka menolak mengikuti perkembangan teknologi?

Teknologi mempengaruhi cara kita bersosialisasi dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari, begitu pun mempengaruhi minat beli pasar. Bisa jadi ini positif, bisa jadi negatif. Lalu, bagaimanakah sikap anak Tuhan dalam menanggapinya? Bukankah kita, sebagai bagian dari gereja seharusnya bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang melesat ini?

IMAGO Creative Conference 2018 akan segera berlangsung di tanggal 25-26 Mei 2018 atau di hari Jumat-Sabtu  minggu ini. IMAGO adalah event tahunan yang diselenggarakan oleh CBN untuk menjawab kebutuhan memperlengkapi para pemimpin dan anak Tuhan mengenai perkembangan media dan teknologi serta pengaruhnya untuk keluarga, next generation, gereja dan bangsa.

 

Sumber : halomoney
Halaman :
1

Ikuti Kami