Liburan Bareng Anak, Merepotkan? Siapa Bilang, Nih 4 Saran Yang Wajib Dipraktekkan!
Sumber: travel.kompas.com

Parenting / 22 May 2018

Kalangan Sendiri

Liburan Bareng Anak, Merepotkan? Siapa Bilang, Nih 4 Saran Yang Wajib Dipraktekkan!

Naomii Simbolon Official Writer
1432

"Ma, apakah kita sudah sampai?"

"Ma, dia gangguin aku!"

"Daddy, aku lapar. Aku pengen ke kamar mandi," dan lain sebagainya.

Kalau kamu udah pernah berlibur dengan membawa anak-anak, maka kamu pasti udah tahu dong kalau kata-kata di atas merupakan bagian paket liburan dengan mereka.

Berlibur bersama anak-anak memang sangat menyenangkan, tetapi ada beberapa orangtua juga yang tidak begitu tertarik membawa anak-anak ikutan berlibur karena alasan merepotkan. Padahal nggak ada salahnya lho membawa anak-anak berlibur 2 atau 3 hari saja.

Percaya deh, liburan bersama anak-anak akan menciptakan sebuah kenangan yang manis dan indah dengan tawa yang asyik, sekalipun memang kita nggak bisa bebas menikmati liburan seperti mereka.

Tapi mau kapan lagi liburan kalau bukan sekarang? Menunggu anak-anak tumbuh dewasa, perjalanannya sudah tidak se-asyik sekarang lho. Percaya deh!

Dibawah ini ada beberapa saran yang akan membantu kamu dalam perjalanan liburan yang sempurna bersama keluarga .

Yuk coba pikirin dan ikuti dengan saksama :

1. Sertakan anak-anak kamu dalam proses perencanaan liburan. Jangan anggap mereka nggak bisa kasih ide apa-apa

Tahu nggak sih, bahkan anak-anak kecil bisa membantu untuk menemukan informasi soal tujuan kamu di internet atau dari buku lho.

Apakah kamu berencana untuk berkemah pas akhir pekan nanti, atau kamu ingin melakukan perjalanan panjang bersama keluarga? Yuk, biarkan anak-anak kamu membantu kamu untuk memilih kegiatan.

2. Tandai jarak bermil-mil di peta

Untuk membantu kamu menjawab pertanyaan anak-anak yang selalu bertanya "kita udah sampai belum, ma?" sebaiknya cobalah untuk meminta anak-anak untuk menggambar peta dari rumah ke pemberhentian terakhir kalian (tujuan liburan kalian).

Ketika kamu mengklik peta di mobil kamu, minta mereka untuk mengisi jalan di gambar peta mereka.

Jadi, mereka akhirnya tahu apakah lokasi kalian sudah sampai atau belum.

3. Ijinkan anak-anak membuat atau menyusun perlengkapan mereka sendiri

Pastikan bahwa kamu sudah memberi mereka tas sesuai kebutuhan mereka sendiri, misalnya tas punggung. Minta mereka untuk memasukkan game atau mainan yang bisa mereka mainkan sendiri, atau bersama-sama keluarga. Hal itu juga supaya mereka tahu menyiasati kebosanan mereka selama perjalanan ke tujuan dengan bermain game.

Kamu juga bisa menyusun perjalanan kalian dengan menyediakan suguhan seperti kegiatan selama perjalanan, misalnya nyanyi bersama, atau memberi kejutan untuk dibagikan.

4. Rencanakan istirahat dan bermain selama perjalanan yang kamu tentukan

Bahkan orang dewasa bisa ngerasa cape juga lho dalam melakukan perjalanan jarak jauh tanpa istrahat. Dari pada mengambil rute tercepat ke tujuan liburan kamu, sebaiknya rencanakan beberapa pemberhentian di sepanjang jalan supaya anak-anak nggak bosan dan juga lelah di dalam mobil.

Makan siang di taman misalnya, atau mencari tempat-tempat wisata edukasi yang menarik di sepanjang jalan. Berikan waktu untuk istrahat bersama.

Sebagai keluarga Kristen, sangat perlu bagi kita untuk membuat waktu terbaik dari hari ke hari bersama anak-anak tercinta kita. Selain menghilangkan stres , kegiatan liburan bersama anak-anak juga  akan mempererat hubungan kita dengan mereka . So, yuk mulai susun rencana berlibur bersama anak-anakmu minggu ini, jangan sibuk bekerja saja.

Sumber : firstthing/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami