Si Bossy Memang Hobi Mengintimidasi, Sikapilah Dengan 3 Cara Ini
Sumber: https://www.babble.com/wp-content/upload

Single / 22 May 2018

Kalangan Sendiri

Si Bossy Memang Hobi Mengintimidasi, Sikapilah Dengan 3 Cara Ini

Inta Official Writer
1905

Kebiasaan yang sering menyuruh-nyuruh bisa jadi sangat menganggu dalam hubungan pertemanan kita. Sikapnya yang seakan pengin semua keinginannya dituruti dan mendominasi bikin kita selalu merasa nggak nyaman saat berada bersama mereka. Jawaban punya 5 cara menghadapi teman yang sikapnya bossy ini.

1.  Tetap tenang

Mood seseorang nggak selalu berada dalam posisi yang terbaik. Ada saatnya orang bossy emosinya naik turun. Menyikapinya dengan tenang merupakan salah satu bentuk toleransi yang kita berikan kepadanya.

Sebenarnya, mendengarkan apa yang dia mau selama masuk akal dan kita tidak keberatan sih sah-sah saja. Tetapi kalau dirinya sudah mulai mengatur kita dengan harus A, B atau C bahkan bertindak seakan dirinya adalah orang yang paling benar, ada baiknya kita mulai menjaga jarak dengannya.

Baca juga: Meski Nggak Lagi Sering Ketemu, 5 Tanda Ini Mencirikan Persahabatan Kita Akan Langgeng

2. Tidak langsung menjawab 'ya' pada setiap permintaan mereka

Memang sih, kita awalnya menjawab atau mengikuti kemauan dirinya hanya karena malas berdebat dan merasa kalau hal ini merupakan sepele. Tapi ada lho orang yang sekalinya dibaikin begini, dia akan terus-menerus mendorong kita untuk setuju bahkan meminta kita untuk melakukan hal yang ia inginkan.

Untuk membangun sebuah hubungan yang baik, komunikasi merupakan hal penting untuk kita jaga. Kita punya hak untuk menyampaikan perasaan, opini dan keinginan kita. Termasuk berhak untuk berkata tidak tanpa harus merasa nggak enakan.

Kalau sikapnya bikin kita ngerasa nggak nyaman bahkan sampai bikin kita emosi, ingatlah kalau teman yang baik adalah mereka yang mau mendengarkan. Kalau misalnya teman kita tidak peduli terhadap perasaan kita, mungkin memang dia bukanlah orang yang tepat untuk diajak berteman.  

3. Jujur padanya kalau kita pengin juga dihargai sama dia

Kata tolong atau terimakasih memang terkadang kesannya kaku, namun dua kata ini juga menjadi pertanda kalau kita menghargai satu sama lain. Kadang ada teman yang hobinya nyuruh-nyuruh tanpa embel-embel tolong yang bikin kita merasa kalau dirinya tidak menghargai kita.

Jika sudah begini, sikap kita adalah dengan jujur kepadanya mengenai bagaimana kita ingin diperlakukan. Bisa saja dirinya berbuat demikian karena tidak menyadari bahwa sikapnya bikin orang lain tidak nyaman.  Jadi, menegur dan berkata jujur kalau sikapnya sangat menganggu kita adalah solusi terbaik yang bisa kita lakukan.

Tetapi kalau kita masih diperlakukan seperti ini, mungkin ini juga karena kita sendiri yang tidak pernah bersikap demikian. Jadi, cobalah menilik hatimu sendiri sebelum menuntut orang lain untuk menghargai kita, ya.

Sikap bossy kadang sepaket dengan sikapnya yang juga controlling yang seringkali cenderung mengintimidasi kita.  Saat berada dalam sebuah kelompok, dia sering menyuruh sesuatu padahal kita tahu kalau dirinya bisa melakukan hal tersebut sendiri. Coba tanyakan pada diri sendiri, apakah sikapnya ini merugikan kita dan membuat kita kehilangan nilai sebagai temannya? Kalau jawabannya iya, maka inilah saat yang tepat buat kita untuk mencari orang-orang yang tepat dalam hubungan pertemanan.

 

Sumber : gogirl/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami