Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

believers24

Official Writer
832


Apakah pernikahanmu sedang ada di persimpangan jalan? Kamu bingung untuk memilih apakah harus tetap bersama atau mengakhiri semuanya? Jika kamu mau tunduk dan menaati firman Tuhan maka pilihannya pasti kamu mempertahankan rumah tanggamu. Namun yang menjadi pertanyaan, apa yang harus dilakukan supaya hubungan ini terus berjalan dan cinta kepada pasangan juga semakin kuat?

Jujur, berada di masa-masa pernikahan yang sulit memang tidak menyenangkan. Perasaan dan pikiran selalu ada yang membebani. Ingin rasanya melepaskan semua itu, tetapi kamu sadar harus menghadapi dan mengatasinya.


Penting untuk selalu diingat bahwa di saat menghadapi dan mengatasi masa-masa yang sulit, kamu tidak harus melakukannya seorang diri. Jika kamu bersikeras meyakini hal itu maka kamu akan mentok dan pada satu titik kamu berkata “tidak sanggup”. Oleh karena itu, kamu harus sadar bahwa kamu membutuhkan pertolongan. Lima cara berikut adalah bantuan yang bisa kamu gunakan di kala keadaan yang sulit seperti ini:  

1. Tetap Tinggal Erat di Dalam Tuhan

Tokoh Alkitab Daud adalah contoh bagaimana di saat dirinya menghadapi masa-masa yang sulit, ia justru lari kepada Tuhan. Ia menyembah dan berdoa kepada Tuhan. Persoalan bukan membuat dirinya jauh dari Tuhan, tetapi justru membangun keintiman dengan-Nya lebih lagi.

2. Ampuni Kesalahan Pasanganmu dan Jangan Pernah Mengungkit-ungkitnya

Kesulitan terbesar yang sering kita buat adalah kita menganggap bahwa kesalahan pasangan kita lebih berat dari pada kesalahan. Bila pun benar itu keadaannya maka tetap saja kamu yang harus melepaskan pengampunan kepada pasanganmu.

Pengampunan berarti bahwa “ia tidak lagi punya utang apa-apa kepada saya sehingga saya tidak perlu menuntutnya”. Berat, tetapi oleh anugerah Tuhan dan pertolongan Roh Kudus, kamu dimampukan untuk melakukannya.  

Baca Juga: Sulit Bukan Berarti Tidak Mungkin

3. Sampaikan Permintaan Maaf dengan Tulus

Menganggap bahwa semua situasi saat ini adalah disebabkan pasangan tidak akan pernah mengubah keadaan yang ada. Sebagai murid Kristus, tunjukkan kasih lewat menyampaikan permintaan maaf terlebih dahulu. Ini memang tidak secara langsung bisa membuat hubungan menjadi lengket, tetapi setidaknya ia melihat bahwa kamu sungguh mengasihinya dan menghargai hubungan ini.

Jika belum memungkinkan melakukan secara tatap muka, gunakan media komunikasi untuk menyampaikan permintaan maafmu.

4. Evaluasi Cara Komunikasi dan Tindakan Kepada Pasangan. Berubahlah Jika Memang Harus Ada yang Diubah.

Mengapa hal yang dulu begitu mudah untuk disampaikan setelah beberapa tahun menikah justru menjadi begitu sulit? Apakah memang pasangan kita yang berubah? Belum tentu karena bisa jadi masalahnya ada pada kita.

Oleh sebab itu, penting untuk mengevaluasi diri, mulai dari cara komunikasi dan tindakan kita kepada pasangan. Jika memang ditemukan bahwa ada hal yang memang bisa diubah maka berubahlah.

5. Tinggallah di Dalam Komunitas Orang-orang Percaya.

Alkitab menyatakan pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik. Ini bukan sekedar teori, tetapi memang itulah kebenarannya. Di saat keadaan lagi begitu kacau maka bersama dengan orang-orang yang mengasihi Tuhan, kamu akan terjaga dari inputan-inputan yang buruk. Mereka dapat menjadi orang-orang yang memberikan kekuatan dan penghiburan senantiasa.

 

Setiap situasi yang tidak mengenakkan selalu ada akhir yang manis jika kita tidak menyerah dan mengandalkan Tuhan. Masa-masa pernikahan yang sulit ini pasti berlalu dan kamu bersama pasangan pasti bisa melalui ini.

Sumber : Jawaban.Com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7228

Superyouth