Lampung, Kota Vital Yang Jadi Jalur Transportasi Darat Punya 4 Destinasi Wisata Ciamik Lho

Entertainment / 17 May 2018

Kalangan Sendiri

Lampung, Kota Vital Yang Jadi Jalur Transportasi Darat Punya 4 Destinasi Wisata Ciamik Lho

Inta Official Writer
3803

Buat kita yang pernah berkunjung ke Pulau Sumatera lewat jalur darat, Lampung bukanlah nama provinsi yang asing lagi. Lampung punya andil yang sangat vital dalam jalur transportasi darat serta aktivitas pendistribusian logistik dari Jawa menuju Sumatera, pun sebaliknya. Hal ini menjadikan provinsi Lampung berkontribusi dalam mendukung pergerakan ekonomi nasional.

Selain itu, topografi yang ada di Lampung juga sangat beragam. Kita bisa mendapatkan daratan pantai sampai kawasan perbukitan dan pegunungan. Topografi yang beragam membuat Lampung punya beragam destinasi wisata yang perlu kita kunjungi, nih.

1.  Menara Siger


Menara yang menjulang pada ketinggian 110 meter di atas permukaan laut ini menjadi landmark Provinsi Lampung juga titik kilometer nol selatan Sumatera. Menara Siger diresmikan sejak tahun 2008 dan memiliki bentuk yang sangat unik dengan sembilan kerucut berwarna kuning keemasan.

Menurut ceritanya, bentuk ini diadaptasi dari bentuk mahkota pengantin wanita yang disebut dengan siger dalam adat Lampung. Jumlahnya yang sembilan merupakan simbol dari sembilan bahasa yang ada dalam masyarakat Lampung.

Kalau kita menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni, menara Siger akan terlihat dari kejauhan dan menjadi tanda kalau kita sudah menginjakan kaki di tanah Lampung. Menara Siger dilengkapi dengan ruangan tempat wisatawan bisa menikmati pemandangan Pelabuhan Bakauheni dan panorama laut yang ada disekitarnya.

2.  Pulau Pahawang


Kalau selama ini kita mengira bahwa keindahan alam bawah laut cuma ada di Raja Ampat atau Lombok, maka kita telah salah besar. Kita harus mampi ke Pulau Pahawang yang punya potensi wisata bahari yang sangat indah.

Air yang masih jernih akan memuaskan kita melihat tumbuhan dan ikan-ikan yang ada dibawah laut. Untuk bisa mengunjungi Pulau Pahawang, kita cuma butuh waktu 1,5 jam dari kota Bandar Lampung menuju dermaga penyeberangan Ketapang. Dari sana, kita bisa naik perahu menuju Pahawang besar. Harga penginapan disekitar pulau ini juga tergolong terjangkau.

3.  Bendungan Batu Tegi


Bendungan yang disebut-sebut sebagai bendungan terbesar se-Asia Tenggara ini memiliki luas sekitar 3,560 hektar dan berada diantara dua bukit. Cuma berjarak 85 km dari Kota Bandar Lampung, kita bisa melihat hamparan luas air yang sangat indah. Rasanya pemandangan akan menjadi lebih lengkap karena udara disekitar bendungan cukup sejuk dan segar dengan pohon-pohon yang masih bisa kita nikmati disekitar bendungan.

Baca juga: Mengintip Wisata Anti Mainstream di KorSel, Provinsi Jeolla Hadirkan Destinasi Impian

4.  Air Terjun Wai Lalaan


Air terjun yang tingginya sekitar 8 sampai 10 meter ini keindahannya nggak boleh kita lewatkan kalau sedang mampir ke Lampung. Kita bisa melihat bentuk batu-batu yang sangat alami serta tanaman merambat di sekitar batu yang bikin air terjun ini nampak sangat indah.

Air terjun yang terletak di kaki Gunung Tanggamus ini merupakan air terjun bertingkat dengan jarak satu sama lain sekitar 200 m. Meskipun nampak sangat indah dan segar, pengunjung diimbau untuk tidak berenang terlalu ketengah karena cukup dalam dan kadang terjadi pusaran air. Kalau sekiranya beresiko, kita bisa kok menggelar tikar dan santai-santai di taman yang ada disekitar air terjun.

Setiap tempat pasti punya ceritanya masing-masing. Apakah Lampung ada dalam list tujuan wisatamu tahun ini?

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami