Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
499


Kita pasti sudah tahu kalau kualitas tidur dapat mempengaruhi tubuh kita. Dilansir dari Healthline, percuma saja kita rajin berolahraga dan menjaga pola makan kalau tidak menjaga kebutuhan istirahat dengan tidur yang berkualitas. Kurang tidur dapat menyebabkan terjadinya perubahan yang terjadi pada tubuh. Bahkan bahayanya bisa sampai menimbulkan kematian, lho.

Guna mendapatkan tidur yang berkualitas, kita perlu memperhatikan penerangan saat tidur. Sebagai seorang ahli, Joyce Walsleben, PhD mengemukakan kalau sekecil apa pun cahaya yang ada disekeliling kita dapat membuat kelopak mata dan otak kita tidak akan memproduksi melatonin.

Hormon melatonin berfungsi untuk menjaga kesehatan sel, regulator hormon lain, menjadikan metabolisme sel teratur dan stabil, memperlancar aliran darah dan lain sebagainya. Karenanya, Walsleben mengatakan kalau kita perlu tidur dalam posisi gelap. Dibawah ini merupakan dampak yang kita dapatkan jika tidur dengan lampu menyala.

1.  Meningkatkan potensi kanker


Tidur dalam posisi lampu atau barang elektronik lainnya menyala dapat meningkatkan resiko penyakit kanker. Hal ini diungkapkan oleh sebuah riset Massachusetts Instite of Technology (MIT) yang mengungkapkan kalau jam tubuh seseorang ditentukan oleh cahaya. Terutama bagi wanita, karena wanita lebih berpotensi kena kanker payudara karena cahaya menyala dapat membuat kita kekurangan hormon melatonin yang bertugas untuk menekan sel kanker.

2.  Cahaya membuat badan gemuk


Ketika hormon melatonin pada tubuh tidak tercukupi, maka metabolisme dan pola makan juga ikut terganggu. Inilah mengapa sebuah studi di Universitas Oxford menemukan kalau wanita yang tidur di bawah nyala lampu memiliki lingkar pinggang yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidur dalam keadaan gelap.

Baca juga: Selain Salmon, 4 Makanan Ini Juga Kaya Akan Omega-3 Lho

3.  Menyebabkan insomnia


Lampu yang padam membuat tidur kita jauh lebih rileks dan menjadikan tidur kita jauh lebih berkualitas. Tubuh kita didesain untuk lelah kala gelap dan terbangun saat cahaya timbul. Keadaan ini yang membuat kita kerap kesulitan untuk tertidur pada kondisi lampu menyala karena kita memaksakan kondisi tubuh yang sedang awas untuk istirahat.

4.  Mempengaruhi menstruasi


Posisi tidur dalam keadaan lampu menyala memang cukup berbahaya bagi wanita, karena selain berpotensi meningkatkan kemungkinan terkena kanker payudara, keadaan ini juga mengganggu kesuburan pada wanita.

Sebuah riset yang melibatkan lebih dari 71 ribu wanita, kebanyakan dari wanita yang bekerja pada malam hari tidak memiliki siklus mensturasi yang teratur. Siklus tidur dan bangun yang tidak teratur dapat mempengaruhi kesuburan pekerja wanita.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan kita sebagai manusia. Pastikan kita menjaga pola tidur kita dengan mematikan lampu saat tidur dan menjauhkan benda elektronik dari sekitar kasur. Kualitas tidur yang baik juga dapat membuat perasaan menjadi lebih bahagia dan mendapatkan mood yang baik.  

Sumber : berbagai sumber/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

antonia anton 14 December 2018 - 16:16:46

stress

1 Answer

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer


chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Banner Mitra Week  3


7227

Superyouth