Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
300


Belakangan ini warga banyak menyerukan komentar negatif mengenai nilai mata uang Rupiah yang sedang terjun bebas karena mencapai angka Rp. 14.000 per Dollar Amerika. Negara kita merupakan negara demokrasi, dimana semuanya berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Salah satu cara kita ikut andil dalam pembangunan negara adalah dengan cara berinvestasi.

Dikutip dari situs resmi Kementrian Keuangan (Kemenkeu), "Peran aktif masyarakat dan kemajuan teknologi sangat penting dalam pembangunan negeri. Pemerintah berinovasi untuk memberikan layanan terbaik dengan menyediakan investasi berbasis online sehingga memudahkan masyarakat untuk turut serta membangun negeri kita tercinta, Indonesia."

Kemenkeu menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) Ritel secara online. Penerbitan Saving Bonds Ritel (SBR) 003 ini dilakukan di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Senin 14 Mei lalu.

Baca juga: Dari Hubungan, Kondisi Keuangan Kita Juga Bisa Terpengaruh, Lho. Ini 3 Tandanya

Luky Alfirman selaku Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementrian Keuangan menjelaskan kalau penerbitan SBR 003 ini memang menyasar investor anak muda alias milenial. Sebelumnya memang investor yang membeli SBR didominasi oleh masyarakat yang berusia 40 tahun ke atas.

Savings Bond Ritel (SBR) 003

Instrumen investasi ini merupakan salah satu instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia. Pemerintah kembali menawarkan SBR kepada masyarakat Indonesia dengan seri SBR003 sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan.

Kenapa sih negara harus meminjam dana ke masyarakat?

Dana yang diinvestasikan oleh kita nantinya akan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur, meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan, peningkatan pelayanan kesehatan, biaya pertahanan negara dan lain sebagainya.

Kenapa sih kita harus memilih SBR?

Nggak cuma ikut berkontribusi untuk negeri, kita juga ikut mendapatkan keuntungan berikut:

1. Investasi ini dijamin oleh negara dan ada undang-undangnya.

2. Kupon dibayarkan setiap bulannya.

3. Punya fasilitas Early Redemption atau kita bisa mencairkan dana tanpa ada biaya penalti.

4. Kupon mengambang dengan minimal 6,8 p.a.

Minimal investasi di SBR003 ini adalah Rp. 1 juta dengan jangka waktu 2 tahun. Berbeda dari obligasi ORI dan SUKUK, investasi ini tidak bisa diperdagangkan, sehingga kita tidak bisa mencairkan dana sampai jatuh tempo kecuali pada masa early redemption yang sudah ditetapkan waktunya dan ini hanya berlaku buat kita yang invest lebih dari Rp. 2 juta.

Untuk pertama kalinya, obligasi bisa dibeli secara online dan ini hanya dijual di 9 Mitra distribusi, yaitu: Investree, Bank BNI, Bank BRI, Tanamduit, Permata Bank, Bank Mandiri, Trimegah, bareksa dan Bank BCA. Masa penawaran SBR003 via online (e-SBN) berlaku selama 11 hari mulai 14 Mei 2018 hingga 25 Mei 2018 dengan tenor 2 tahun dan minimal pemesanan Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

Sumber : kemenkeu/liputan6

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer

Khairul azman Azman 14 July 2018 - 23:16:37

Perancis

0 Answer

Nocalia Anggun Utami 14 July 2018 - 16:33:26

Bagaimana bebas dari hutang

1 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7188

advertise with us