Cewek-cewek Harus Tahu, 9 Ciri Ini Indikasikan Kamu Positif Kena Lupus
Sumber: Healthline

Health / 16 May 2018

Kalangan Sendiri

Cewek-cewek Harus Tahu, 9 Ciri Ini Indikasikan Kamu Positif Kena Lupus

Lori Official Writer
4552

Lupus adalah salah satu penyakit peradangan (inflamasi) kronis yang disebabkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan dan organ tubuh sendiri. Penyakit lupus bisa menyerang orang tubuh seperti kulit, sendi, sel darah, ginjal, paru-paru, jantung, otak dan juga sumsum tulang belakang. Penyakit ini juga lebih banyak menyerang kaum perempuan antara usia 15-34 tahun.

Kemunculan penyakit ini bahkan terbilang tiba-tiba. Bahkan banyak yang tak menyadarinya. Untuk itulah, perlu diketahui tanda-tanda peringatan lupus sedini mungkin.

Karena lupus yang tak ditangani bisa menyebabkan komplikasi penyakit, ada baiknya bagi cewek-cewek untuk lebih sadar dengan 9 tanda-tanda ini.

1. Sering sakit kepala

Dibanding dengan sakit kepala biasa, penderita lupus akan cenderung mengalami sakit kepala dua kali lebih sering, kondisi ini mirip seperti migrain. “Ciri-ciri sakit kepala lupus mirip dengan migrain dan biasanya disebabkan karena fenomena Raynaud atau kondisi jari tangan dan kaki mati rasa saat berada di suhu dingin juga bisa terjadi. Tapi sakit kepala ini juga bisa disebabkan oleh vasculitis, gejala lupus karena peradangan pembuluh darah,” kata dr. Saurabh Sethi, MD, MPH, seorang dokter ahli lupus.

2. Merasa kelelahan

Saat kamu merasa kelelahan sepanjang waktu, hal ini mungkin jadi pertanda gejala lupus. “Kelelahan adalah salah satu dari komplikasi penderita lupus,” ucap Rebecca Lee, seorang perawat rumah sakit. Dia melanjutkan, rasa letih ini juga bisa terjadi setiap hari. Sama seperti sakit kepala, kelelahan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Jadi saat kondisi ini mulai dirasakan segeralah berkonsultasi dengan dokter.

3. Pembengkakan pada sendi

Peradangan bisa menyebabkan rasa sakit, kekakuan dan pembengkakan di bagian sendi, terutama terjadi di pagi hari. Kondisi ini mungkin cukup ringan pada awalnya dan secara bertahap menjadi lebih jelas. Seperti gejala lupus lainnya, tapi kondisi ini bisa datang dan pergi dengan sendirinya.

4. Timbul rasa sakit di dada

Rasa nyeri di bagian dada bisa jadi pertanda lupus dan nyeri ini bisa semakin meluas ke pembuluh darah, paru-paru dan diafragma. “Kondisi ini bisa menyebabkan nyeri dada ketika seseorang mencoba untuk bernapas. Kondisi ini sering disebut sebagai nyeri dada pleuritik,” ucap dr. Sethi.

5. Ruam pada wajah

Salah satu gejala yang paling umum dari penyakit lupus adalah ruam merah seperti bentuk kupu-kupu yang muncul di bagian hidung dan kedua bagian pipi. “Hampir 50 persen orang dengan penyakit lupus akan mengalami ruam ini. Hal ini terjadi secara tiba-tiba atau muncul setelah terpapar sinar matahari,” terang dr. Sethi.

Baca Juga :

Penyakit Lupus Seperti Selena Gomez? Apa Sih Penyebab Dan Cara Mengatasinya?

5 Langkah Mencegah Diri Terkena Penyakit Lupus

6. Jari tangan membiru saat dalam suhu dingin

Penderita lupus bisa mempunyai pembuluh darah yang lebih kecil di bagian jari tangan dan kaki mereka. Kondisi ini akan sangat sensitif ketika berada di tempat bersuhu dingin. “Fenomena ini disebut fenomena Raynud. Kondisi yang menyebabkan jari-jari tangan dan kaki beruah menjadi putih atau biru,” ucapnya.

7. Rambut rontok atau menipis

Rambut rontok adalah salah satu gejala awal dari penyakit lupus. Hal ini disebabkan karena peradangan yang terjadi di permukaan kulit, termasuk kulit kepala. Rambut bisa mudah patah dan rapuh dan menyebabkan penipisan. Selain karena lupus, kondisi ini juga bisa juga gejala dari penyakit tiroid.

8. Asam lambung

Asam lambung yang disertai dengan beberapa masalah organ seperti hati, pankreas, saluran empedu dan kandung empedu, maka gejala ini bisa dikatakan adalah gejala lupus.  Mual, muntah, diare, dan sembelit juga termasuk diantaranya.

9. Demam

Gejala awal penyakit lupus ditandai dengan kondisi demam. “Demam dalam tingkat rendah bisa menjadi indikasi peradangan, infeksi dan lupus. Demam ini bersifat datang dan pergi dan muncul tiba-tiba tanda peringatan.

Jadi kalau kamu mulai mengalami gejala-gejala ini dan membuatmu bertanya-tanya soal kondisi kesehatanmu, segeralah kunjungi dokter dan konsultasikan kondisi yang sedang kamu alami ini.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami