Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
1743


Mengendalikan keuangan memang tidak begitu mudah. Berapa banyak orang yang sering sekali terlibat dengan hutang karena tidak bisa mengatur keuangan mereka dengan benar, serta berapa banyak yang akhirnya bangkrut karena tidak pintar mengakolasikan uang mereka.

Nah, penting sekali bagi kita untuk mengatur keuangan kita dengan baik. Bahkan hal ini sering sekali menjadi rhema di pikiranku bahwa sebagai anak Allah kita harus mampu bijak dalam keuangan sehingga kita bisa menjadi inspirasi dan memberkati banyak orang, memberi hutang bukan malah berhutang.

Ketika kita mahir mengatur keuangan kita, maka kita akan menemukan sukacita tanpa mengeluh, pendidikan anak-anak bisa terpenuhi , kebutuhan keluarga menjadi aman tanpa ada keributan. Bukankah itu menyenangkan?

Dibawah ini ada beberapa cara mengatur keuangan menurut Alkitab. Semoga dengan cara ini, kita bisa melakukannya dan tak lagi kuatir soal keuangan.

1. Dapat uang lebih banyak dan membelanjakannya dengan sedikit.

Yap! Sesederhana itu. Sangat penting bagi kita untuk memulai sebuah anggaran dengan mempertimbangkan tujuan jangka pendek, menengah dan jangka panjangnya uang tersebut. Selanjutnya, mulailah untuk menghilangkan utang dari kartu kredit setiap pembayaran, dan kedepan berhentilah untuk meminjam atau memakai kartu kredit untuk kesenanganmu. Disanalah kita membutuhkan sebuah pengendalian diri.

Galatia 5:23 mengatakan bahwa penguasaan diri atau pengendalian diri adalah salah satu buah Roh. Jadi, mintalah kepada Tuhan agar buah itu tertanam di dalam diri kita, karena itu akan membantu kita untuk mencapai kebebasan finansial yang nyata dalam kehidupan kita.

2. Kita harus komitmen dan mengakui bahwa kedispilinan adalah keharusan yang harus dilakukan

Jika dalam keuangan kita sudah berjanji untuk menabung sekian persen, lalu memilah anggaran untuk dilakukan, maka berkomitmen dan disipilinlah dengan hal itu. Sisihkan waktu setiap hari dalam hidup kita untuk memita kebijaksanaan atas keputusan keuangan kita setiap hari.

Alkitab mengatakan : "Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit, maka hal itu akan diberikan kepadanya. (Yakobus 1:5)

So, marilah berdisiplin dan berbelanja sesuai dengan anggaran yang sudah kita tetapkan dengan benar.

3. Kita harus mengubah cara pandang kita mengenai uang

Hidup ini membutuhkan uang tetapi jangan menjadikan uang sebagai berhala yang memberikan kepuasan kepada kita, karena hanya Tuhanlah yang mampu memberikan kepuasan yang nyata kepada kita.

Melihat kehidupan bukanlah semata-mata soal uang, sehingga kita tidak seharusnya mendefinisikan indentitas orang lain bahkan diri kita sendiri dengan uang. Uang hanyalah tuhan palsu jika kita selalu mengidolakan dan menyembahnya, dan itu hanya akan membawa kehancuran dalam hidup kita.

Masalahnya bukan karena uang itu sendiri tetapi karena cinta kita terhadap uang tersebut.

Roma 12:2 berkata "Janganlah kamu serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah, apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna."

JanjiNya memberi kita kekuatan untuk mengubah kebiasaan dan pandangan kita terhadap uang ketika kita mulai menerapkan asas-asas Alkitabiah yang telah diberikan kepada kita.

Tidak mudah untuk mengatur keuangan dengan baik, tetapi kita tetap harus melakukannya karena itu penting bagi pernikahan, masa depan dan hidup kita.

BACA JUGA ARTIKEL INIBiar Irit, 4 Bahan Makanan Ini Jangan Pernah Beli Di Supermarket

Semoga 3 cara diatas benar-benar membawa perubahan dalam kehidupan kita. Ketika kita mampu mengatur keuangan kita, maka Tuhan akan memberkati kita berlimpah lagi dan lagi! Ayo kita lakukan sama-sama!

Sumber : crosswalk/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fred D Hunter Nainggolan 18 July 2018 - 09:43:25

Mengapa perbuatan yang salah itu tidak selalu bena.. more..

2 Answer

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer

Nocalia Anggun Utami 14 July 2018 - 16:33:26

Bagaimana bebas dari hutang

1 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7185

advertise with us