Sahabat Sedang Galau Dan Depresi Memang Tidak Mudah, Tolong Dirinya Dengan 4 Cara Ini
Sumber: http://www.hun.is/wp-content/uploads/201

Single / 10 May 2018

Kalangan Sendiri

Sahabat Sedang Galau Dan Depresi Memang Tidak Mudah, Tolong Dirinya Dengan 4 Cara Ini

Inta Official Writer
1832

Nggak banyak orang yang aware dengan keadaan satu ini: depresi. Padahal depresi merupakan salah satu keadaan yang nggak bisa disepelekan lho, kita bisa lihat kalau kebanyakan penyebab bunuh diri adalah depresi.

Berbagai masalah yang dihadapi seseorang merupakan salah satu pemicu dari sikap depresi ini. Walaupun orang ini secara fisik baik-baik saja, depresi bisa bikin orang tersebut kehilangan semangat bahkan tujuan hidup.

Gimana ya kalau misalnya orang yang kena depresi tersebut adalah sahabat kita? Dia yang biasa periang, tiba-tiba padangannya selalu kosong, mukanya loyo karena kurang tidur atau terlalu lemas karena kebanyakan tidur. Ciri-cirinya adalah wajahnya agak lesu, mudah sekali tersinggung, omongannya mulai mengarah ke arah negatif bahkan sering menyakiti diri sendiri.

Kayaknya, kalau ada di posisi ini, nasihat saja tidaklah cukup. Disisi lain, kalau pura-pura tidak tahu, kita juga terkesan jahat karena kita tahu kalau sahabat kita ini sangat membutuhkan bantuan.

Nah, 4 hal ini bisa kita coba untuk meredakan depresi sahabat

1.  Ajak doi hangout

Membiarkan dirinya hanyut dalam masalah akan membuat kondisinya semakin buruk. Kita bisa mengajaknya ke pantai atau taman untuk menghirup angin segar. Dengan cara ini, kita berusaha untuk meyakinkan dia kalau dirinya tidak sendirian karena ada kita sebagai sahabatnya.

2.  Jadilah pendengar yang baik

Tidak ada asap kalau tidak ada api. Begitu juga sebuah masalah. Depresi yang dialami oleh sahabat kita pasti punya pemicunya. Tugas kita adalah menjadi sebuah wadah dalam mendengarkan keluh kesahnya.

Mungkin memang butuh sedikit waktu, tetapi hal ini akan sangat membantu sahabat untuk melegakan pikirannya. Hindari juga untuk memberikan respon yang terkesan menghakimi. Cukup sediakan telinga untuk mendengar, dan usahakan untuk memberi masukan kecuali kalau sahabat kita yang memintanya.

3. Mencari orang lain yang dianggap ahli

Sekali lagi, depresi tidak bisa kita anggap enteng. Kalau misalnya kita merasa masalah yang dihadapi oleh sahabat itu cukup serius, ada baiknya kita mencari orang yang dianggap ahli seperti konselor. Sahabat 24 adalah salah satunya. Sahabat 24 merupakan sebuah layanan konselor yang bisa kita mintai bantuan untuk menolong sahabat kita.

Baca juga: Pejuang LDR, Saat Doi Melakukan 6 Tanda Ini, Persiapkan Hati Buat Kemungkinan Terburuk

4.  Memberi tahu keluarganya

Jika kondisinya tidak kunjung membaik, kita harus berani untuk memberitahukan keluarganya. Dukungan dari orang-orang terkasih bisa membuat seorang yang kena depresi mendapatkan semangatnya kembali.

Menghadapi orang yang punya masalah memang bukanlah perkara mudah. Karenanya kita juga harus membawa nama sahabat kita ini dalam doa. Berdoa berarti kita menyerahkan segalanya kepada Tuhan.  Berdoa juga merupakan salah satu bentuk dukungan kita sebagai orang percaya. Kita harus bisa bergantung pada Tuhan karena kita tahu kalau rencana Tuhan adalah yang terbaik.  

Sumber : gogirl/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami