Cara Gampang Bikin Anak Dengarkan Orang Tua, 5 Hal Sederhana Ini Akan Membantu
Sumber: Psychology Hacker

Parenting / 9 May 2018

Kalangan Sendiri

Cara Gampang Bikin Anak Dengarkan Orang Tua, 5 Hal Sederhana Ini Akan Membantu

Lori Official Writer
2877

Semua orang tua pasti kesal saat anak-anaknya abai dengan perintah yang disampaikan. Orang tua bahkan harus mengulang perintah berkali-kali ke anak dibarengi dengan emosi dan kemarahan.

Berhentilah melakukan hal ini. Karena sama sekali tak akan membantu anak untuk mau mendengar dan melakukan perintah yang disuruh orang tua. Buat kamu yang sudah menyerah dengan kelakuan anak semacam ini. 5 cara sederhana ini akan sangat membantu.

1. Hindari terlalu banyak perintah

Pada dasarnya, otak anak tidak mampu memproses informasi sekaligus. Misalnya, mulai dari memintanya mematikan TV, mandi, menggosok gigi, menyisir rambutnya lalu tidur. Informasi ini hanya akan membuat mereka kebingungan dan tak peduli. Akan lebih baik menyuruhnya untuk mematikan TV lebih dulu. Setelah selesai katakanlah, “Oke sayang, sikat gigi mu dan pergilah tidur.”

2. Berbicara secara langsung

Saat orang tua berpikir terlalu lama tentang sesuatu, anak akan mulai kehilangan kendali. Jadi, segeralah meminta dia melakukan sesuatu di bawah kontrolmu. Misalnya, “Sayang, pakai ssepatumu sekarang karean kita akan pergi ke taman.”

3. Sampaikan perintah yang diikuti dengan kontak fisik


Misalnya saat orang tua hendak menyuruh anak untuk menaruh baju kotor ke tempatnya. Sampaikanlah secara langsung dengan memberikan baju kotor ke anak dan menyuruhnya segera menaruhnya ditempatnya. Atau saat anak buru-buru harus pergi ke sekolah dan hendak mengingatkannya untuk memakan bekal makan siangnya, sampaikanlah dengan menatap matanya dan menyentuh tangannya. Hal ini akan membuat anak serius menanggapi perintah orang tua.

4. Jangan menyampaikan perintah seperti radio rusak


Anak tidak akan pernah mendengar kalau orang tua menyampaikan perintah seperti memarahi atau menekan. Bahkan sampai berapa kali pun orang tua menyampaikan perintah dengan cara ini, jangan kira anak akan mau menaatinya. Sebaliknya, anak hanya akan mendengarkan orang tua hanya kalau mereka diberikan informasi yang jelas tentang konsekuensi dari apa yang dilakukannya. Misalnya, orang tua menyuruh anak untuk menaruh mainannya di kotak mainan. Kemudian tindak lanjuti perintah itu. Kalau anak ternyata tidak mematuhi perintah, sampaikan kepadanya bahwa dia tak akan bisa memakai mainan itu lagi. Tapi kalau anak mau melakukannya, jangan lupa untuk menyampaikan pujian kepadanya. Misalnya, terima kasih sayang.

5. Berikan perhatian penuh


Kamu mungkin berpikir kalau anak akan mendengarkan orang tuanya dalam kondisi apapun itu. Tapi anak tak berpikir demikian. Anak akan cenderung mendengarkan kalau perintah disampaikan dengan penuh perhatian. Lakukanlah kontak mata. Dengarkan anak dan ajukan pertanyaan kalau hal itu dibutuhkan.

Membentuk anak menjadi pribadi yang disiplin, mau mendengar dan taat sebenarnya adalah hal yang gampang-gampang sulit. Asal orang tua tahu teknik dan caranya, pasti anak akan bsia diarahkan sesuai dengan apa yang diharapkan setiap orang tua.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami