Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
1719


Selama bertahun-tahun, banyak diantara kita yang mungkin pernah mendengar kisah tentang Ratu Ester.  Gadis yang dibawa ke Istana Raja Ahasyweros dan akhirnya menjadi ratu. Orang yang berani bekerja untuk menyelamatkan bangsanya sendiri dari musuh yang kejam.

Namun, ada banyak hal lainnya yang bisa kita temukan dan kita gali dari kisahnya.

Dari Ester 1-10 inilah fakta yang bisa kita ketahui darinya :

- Buku Ester adalah salah satu dari dua nama wanita di Alkitab, yang lainnya adalah kitab Ruth

- Kitab Ester adalah salah satu dari dua buku dari seluruh Alkitab yang tidak menyebutkan nama Allah, yang lainnya adalah kidung Agung. Dan meskipun kita tidak membaca nama Allah di dalam buku kitab tersebut, kedaulatan dan perhatianNya yang penuh kasih ditenun di seluruh kata dan bab kitab.

Nah, selain kebenaran tersebut, di bawah ini ada 2 kebenaran dan kebijaksanaan yang kuat dan patut kita contoh dari kisah Ester

1. Bahwa Tuhan adalah satu-satunya yang memiliki kekuatan untuk mengubah pencobaan menjadi sebuah berkat

Jangan pernah meragukan bahwa Dia adalah Allah yang sanggup melakukan segala sesuatu. Nggak ada yang mustahil bagiNya.

Ketika kita membaca kisah Ester, mungkin sering sekali kita hanya memikirkan Esternya yang semakin cantik dan diberi posisi sebagai Ratu. Namun kita lupa dari mana Ester sebenarnya berasal.

Kita lupa bahwa dia adalah seorang yatim piatu. Dia mengalami kehilangan besar, bahkan pada usianya yang muda. Dia kemudian dibawa pergi dari rumahnya, dari keluarganya , orang-orangnya dan semua yang mengenal dan dikenal olehnya, lalu dia dibawa ke istana Raja.

Bahkan ketika dia sudah menjadi Ratu di dalam kerajaan, dia masih mengalami kesulitan yang luar biasa. Orang-orangnya mengalami tragedi dan kehancuran yang besar. Dia pasti merasa kesepian. Dia menghadapi pencobaan demi pencobaan, meskipun demikian, masih selalu ada harapan dalam dirinya.

Tuhan selalu bekerja bahkan ketika kita tidak bisa melihat secara keseluruhan cerita hidup kita. Bahkan ketika semuanya terlihat nggak pasti, disana Tuhan tetap bekerja.

"Siapa tahu, mungkin justru untuk saat seperti ini engkau beroleh kedudukan sebagai ratu." (Ester 4:14)

 Berkat Tuhan lebih besar daripada masalah kita. Kebaikannya akan selalu bersinar, itulah cara Dia bekerja.

2. Doa kita itu penting, suara kita itu penting, tindakan juga penting dan Tuhan adalah Allah pembebas kita

Kita bisa memilih untuk tetap hidup dalam kasih karunia dan kebaikan Tuhan. Kita bisa memilih untuk tetap terlibat atas dunia ini, memiliki suara yang penting dan membuat sebuah perbedaan di dunia atau di negara kita sendiri.

Moderkai tahu bahwa posisinya sangat penting, dan Ester tahu bahwa tindakannya itu penting. Dan melalui kebijaksanaan dan ketaatan kedua orang ini, Tuhan menyelamatkan umatnya. Mordekai percaya bahkan jika Ester nggak membantu mereka, maka Allah akan mengirimkan bantuan dari cara yang berbeda, itulah bukti betapa dia sangat percaya kepada kuasa Tuhan. Dia mengerti bahwa posisi kita dalam kehidupan sama sekali bukan tentang kita, tetapi mengenai apa yang Tuhan bisa lakukan melalui posisi yang kuat yang kita miliki.

"Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga pertolongan dan kelepasan dari pihak lain dan engkau dengan kaum keluargamu akan binasa." ( Ester 4:14)

Sekiranya Tuhan membantu kita untuk terus bangkit dan berdoa, berpuasa, menunggu arahanNya lalu bergerak dengan kebijaksanaan yang berasal dari padaNya. Semoga kita selalu setia berdoa bagi semua orang yang berkuasa di pemerintahan dan lain sebagainya, bagi mereka yang ditekan atau dianiaya karena kebenaran.

Semoga kita mampu berbicara dengan kebijaksanaan dan kearifan, dan hidup dengan hati yang penuh belas kasih dan cinta. Semoga kita taat dan kuat mengikuti kehendak Tuhan, meskipun itu bukan pilihan yang popular di budaya kita. Karena kadang-kadang Dia bisa bekerja melalui itu dan mengejutkan semua orang.

Ya, Tuhan berikan kami iman untuk terus berharap kepada-Mu ditengah permasalahan yang kami hadapi. Ajarkan kami bergerak sesuai dengan kemauan-Mu dan ajarkan kami tegas memberitakan kebenaran lewat kehidupan kami di dunia yang hancur ini. Berikan kerendahan hati dan kelemahlembutan kepada orang yang disekitar kami, sekiranya mereka rendah hati menerima apa yang benar(,) yang baik, yang berasal dari pada-Mu melalui hidup kami. Biarlah kami tetap kuat didalam nama Yesus. Amin

 

Sumber : crosswalk/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

0 Answer

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us