Menjadi Aspek Terpenting Dalam Pernikahan, Komunikasi Wajib Dibangun Tiap Saat.Ini Caranya

Marriage / 3 May 2018

Kalangan Sendiri

Menjadi Aspek Terpenting Dalam Pernikahan, Komunikasi Wajib Dibangun Tiap Saat.Ini Caranya

Naomii Simbolon Official Writer
26830

Komunikasi adalah aspek yang paling penting dalam sebuah hubungan, tidak hanya dalam berpacaran, tetapi juga dalam hal pertemanan apalagi pernikahan.

Meskipun itu bukan sebuah kenyataan yang ingin kita hadapi, tapi ada saat dimana kita merasa harus benar-benar berjuang untuk terus mempertahankan dan membangun komunikasi dalam pernikahan agar tetap aman dan baik.

Mungkin pas baru-baru menikah, kita sangat intens dengan pasangan kita. Selain kita masih memiliki banyak waktu untuk bersama, dan bercerita, rasa cinta kita juga masih sangat fresh. Tetapi ketika pernikahan sudah mulai memasuki usia kesekian tahun, maka kedua pasangan pun mulai sibuk, entah sibuk dengan pekerjaan, sibuk mengurus anak-anak atau sibuk menjaga pernikahan, namun yang jelas ada banyak pernikahan yang pada akhirnya kehilangan komunikasi secara intens seperti dulu. Padahal kita sangat perlu menjaga komunikasi antar pasangan biar tetap kuat lho, karena jika tidak, maka kita akan mudah sekali  untuk tergelincir dalam kesalahpahaman.

Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, kita harus memiliki upaya untuk menjaga komunikasi tetap kuat.

1. Paling utama, usahakan kita bertatap muka setiap hari dengan pasangan

Jika suami kita sangat sibuk dengan pekerjaannya, sehingga dia selalu pulang tengah malam. Sebagai istri, tidak ada salahnya kita menunggunya, sambil menonton di sofa, jika tertidur, pergilah ke kamar bersama-sama. Atau jika istri merasa capek karena pekerjaan rumah tangga seharian, bangunlah pagi-pagi dan sediakan sarapan untuk suamimu, bangunlah komunikasi setiap pagi dengannya di meja makan atau ketika saat teduh.

Nah, jika suami bekerja di luar kota dan dia pulang sekali sebulan sehingga tidak memungkinkan untuk bertemu dengannya setiap hari, maka  kamu bisa video call dengan pasanganmu. Entah itu malam atau pagi, yang penting dalam sehari, usahakan untuk bertatap muka.

2. Luangkan waktu untuk berduaan

Punya waktu berduaan dengan pasangan itu sangat penting lho. Hal itu bisa membantu kita untuk mengingat satu sama lain mengenai apa yang disukai.

Paling tidak, usahakan untuk berkencan berdua sekali sebulan. Entah bermalam minggu dan menonton bioskop bersama, atau kencan makan malam berduaan dan mengulang masa-masa pacaran, tetapi yang pasti, kita harus memikirkan dan melakukan hal ini ya!

Ini bisa menjadi jalur yang membuat pernikahan kamu menjadi lebih harmonis karena komunikasi yang tetap hidup dan sehat.

BACA JUGA ARTIKEL INI : BACA JUGA ARTIKEL INI : 

Biar Nggak Ngga Layu Sebelum Berkembang, Nih 6 Cara Biar Pernikahanmu Beda!

Membangun Keuangan Yang Diberkati Dalam Pernikahan, Lewat Komunikasi Seperti Ini!

3. Saling berkomunikasilah satu dengan yang lain lebih dari sekedar fungsional

Jangan mentok dan cuma bahas soal tugas dirumah seperti membersihkan rumah atau menjemput anak-anak saja setiap hari. Coba deh untuk memulai pembicaraan seperti bahas mengenai hobi, minat khusus satu sama lain, kejadian terkini, tentang firman Tuhan dan lain sebagainya selain fungsional. Nah dengan membicarakan yang lain seperti itu, maka percikan komunikasi yang sehat antara kamu dan pasangan tetap terjaga dan hidup.

4. Saling mendukunglah satu sama lain, dan saling menerima dukungan tersebut

Jika kita ingin didukung atau mendukung pasangan dan hal itu membuat sebuah perubahan atas dirinya dan pernikahan kamu, maka cara satu-satu yang bisa kita lakukan untuk sampai disana adalah berkomunikasi secara efektif .

Dengan cara itu, kita bisa meninjau kembali bagaimana itu seharusnya saling mendukung. Sebelum kita meminta saran dari teman atau saudara, coba deh untuk membicarakannya satu sama lain untuk menemukan caranya.

Kita harus tahu, pernikahan yang baik sangat bergantung pada cinta dan dukungan satu sama lain, dan ketika kita terbuka satu sama lain, saling mendukung satu sama lain maka itu akan membantu elemen dalam hubungan kita bertumbuh yaitu jatuh cinta.

BACA JUGA ARTIKEL INI : 

7 Cara Bangun Komunikasi Yang Dekat Dengan Anak. Terutama Anak Introvert!

Selain Komunikasi, Cara Ini Terbukti Selamatkan Pernikahan dari Kehancuran Loh!


Sumber : marriage/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami