Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
669


Tak disangka, founder bisnis kuliner Shirokuma Michelle Widjaja akhirnya memiliki 8 gerai Shirokuma yang berlokasi di sekitaran wilayah Jabodetabek.

Apa itu Shirokuma? Nama ini diambil dari bahasa Jepang yang merupakan hidangan penutup atau dessert ala Jepang. Bukan hanya menjual dessert saja, tapi Michelle menyulap Shirokuma lebih seperti kafe dimana para pembelinya bisa menikmati dessert mereka dengan nikmat dan nyaman.

Shirokuma sendiri mulai dibangun sejak tahun 2014 silam, dimana gerai pertama yang dibuka berlokasi di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Kisah perjalanan sukses Shirokumanya ini pun cukup sederhana. Michelle menuturkan bahwa ide membangun bisnis kuliner Jepang ini dimulai saat dirinya liburan bersama dengan teman-temannya ke Jepang, termasuk mengunjungi kota Kyoto. Sebagai penyuka es krim Green Tea Matcha, dia mengaku Kyoto adalah pusat dari matcha sehat terbaik di dunia. Lalu terbersitlah ide untuk menghadirkan es krim sehat ala Jepang di Indonesia.

“Kembali ke Indonesia, aku mau menyantap lebih banyak lagi es krim green tea matcha. Tapi aku tak menemukannya dimanapun di Indonesia. Jadi aku berpikir, “Kenapa nggak membuat es krim Jepang ku sendiri?” Itulah awal aku membangun Shirokuma,” terang Michelle.

Di gerai-gerai Shirokumanya, Michelle tak hanya menjual es krim Jepang. Tapi dia juga menjual kue kering Jepang berkualitas tinggi. “Terus ke sini, tentu menu Shirokuma makin beragam. Sekarang sudah ada lebih dari 70 menu yang kami tawarkan dan sebagian besar menu makanan penutup. Kalau bisa dibilang, Shirokuma ini menawarkan pencuci mulut yang beragam bentuknya. Kami desain makanan penutup seunik dan semenarik mungkin,” ucap wanita kelahiran 1989 ini.

Dia pun membanderol setiap menu Shirokuma mulai dari harga Rp 15.000 – 45.000 per porsi.

Ilmu Pemasarannya jadi Modal Penting Kemajuan Shirokuma   

Sebagai lulusan sarjana dalam bidang Pemasaran dan Keuangan dari Universitas New South Wales dan juga lulusan Master dari Istitutpo Marangoni, sekolah swasta fasyen dan design Italia, dan juga diploma pastry dari Le Cordon Bleu Sydnet, Michelle benar-benar menguasai seluk beluk pemasaran dan bisnis kuliner. Dengan ilmu sarjananya, dia menangani sendiri pemasaran bisnis Shirokumanya.

Apalagi dia mengaku bahwa sejak kecil dirinya memang sudah bercita-cita jadi pengusaha dan membangun bisnis sendiri. “Aku mau punya restoran sendiri. Aku besar dengan pemikiran bahwa aku harus jadi pengusaha. Waktu aku masih SD, aku menjual kue ke teman-temanku. Aku sering bermasalah dengan guru karena kebiasaanku menjual kue. Sebagai pengusaha muda, aku harus berani ambil resiko. Kalau kamu takut gagal, kamu perlu mengubah pola pikirmu. Adalah sebuah kegagalan kalau kamu harus menyerah. Jangan takut melakukan kesalahan, belajarlah dari kegagalan itu,” terangnya.

Dari Michelle Widjaja kita belajar bahwa mencapai mimpi atau cita-cita tidak bisa dilakukan dalam waktu sehari. Tapi butuh puluhan tahun untuk mencapai kesuksesan itu. Ketekunannya melakukan apa yang dia suka sejak kecil akhirnya membuahkan hasil seperti saat ini. Kini, Shirokuma jadi salah satu nama yang banyak dikenali oleh orang-orang, khususnya di ibu kota. Dan Michelle terus giat mengembangkan bisnis ini dan menjadikannya sebagai sebuah tempat yang banyak dicari oleh mereka para penyuka dessert Jepang.

Apakah dari kisah sukses ini kamu terinspirasi untuk membangun bisnismu sendiri? Yuk, ikuti langkah sukses Michelle. Ingat jangan pernah takut gagal dan teruslah mencoba tanpa menyerah ya! 

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us